Trik Jitu Cara Membuat Efek Blur di CorelDraw

cara membuat efek blur di coreldraw

Alternatifmu.com – Cara Membuar efek blur di CorelDraw, Dalam kondisi tertentu Efek blur diperlukan ketika kita sedang membuat desain di CorelDraw, blur artinya memburamkan suatu objek yang awalnya berwarna cerah.

Di CorelDraw sendiri untuk membuat efek blur dapat dilakukan dengan cepat, lantaran tools/menunya telah disediakan di aplikasi CorelDraw.

Tetapi kekurangan dari membuat efek blur pada aplikasi Corel yaitu kita tidak dapat menentukan area mana yang akan di blur, oleh karena itu untuk membuat efek blur pada area tertentu kita wajib  mengakalinya dengan menggunakan bantuan Tools Transparency. Silahkan perhatikan langkah langkahnya dibawah ini.

Langkah Pertama

Insert objek yang akan diberi efek blur pada CorelDraw anda, Contoh disini saya akan memakai objek foto untuk diberi efek blur.

Langkah Kedua

Convert terlebih dahulu gambar yang akan diberi efek blur supaya hasilnya lebih maksimal ketika di blur, caranya dengan menseleksi terlebih dahulu objek yang akan diberi efek blur, lalu pilih menu Bitmaps > Convert to Bitmap.

Langkah Ketiga

Setelah objek menjadi Bitmap, lalu  pilih menu Bitmaps > Blur > Gaussian Blur. Seperti pada gambar dibawah.

Baca Juga : 6 Cara Copy Paste Dengan Cepat di CorelDraw

Langkah Keempat

Ketika anda memilih Gaussian Blur, maka akan tampil kotak dialog seperti pada gambar dibawah, atur radius blur yang anda butuhkan.

Radius blur dimulai dari 0.1 pixels sampai 250 pixels, silahkan sesuaikan sendiri. Klik OK pada kotak dialog bila sudah diatur.

Langkah Kelima

Sesuai yang telah saya jelaskan diatas, bahwa membuat efek blur sebagian itu tidak dapat dilakukan di CorelDraw, maka untuk membuat efek blur sebagian di objek itu wajib  dipadukan menggunakan pengaruh Transparency.

Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

Sediakan dua objek yang sama dengan size yang sama, objek pertama adalah objek yang telah di blur dan objek kedua adalah objek yang belum di blur.

Perhatikan gambar dibawah.

Langkah Keenam

Letakan objek yang belum diberi efek blur, diatas objek yg telah diberi efek blur. Kemudian seleksi objek yang belum di blur tadi lalu pilih Transparency Tool.

Langkah Ketujuh

Drag pada objek yang telah aktif Transparency-nya, lalu sesuaikan dengan kebutuhan blur anda. Sekarang anda sudah bisa melihat sendiri, sebagian objek dalam gambar terlihat normal dan sebagian yang lain terlihat blur.

Sampai disini untuk membuat objek blur pada CorelDraw telah selesai, anda tinggal mengkreasikan sendiri sesuai kebutuhan anda untuk memanfaatkan efek blur ini dalam desain anda.

Saat objek dipisahkan, sebenarnya objek yang normal itu telah di transparankan sebagain, sehingga yang tampak adalah objek blur yang ada dibawahnya (objek blur).

Semoga artikel ini dapat membantu anda dengan jelas dalam memahami langkah langkah cara membuat efek blur di CorelDraw.

Kesimpulan

Untuk membuat efek blur menggunakan Aplikasi Corel dapat anda lakukan dengan cepat. Karena Tools yang disediakan oleh CorelDraw sudah lengkap, tinggal bagaimana anda mengkreasikan desain anda supaya mampu mencapai harapan sesuai konsep desain yang akan anda buat.