Tips Mengatasi Depresi Secara Mandiri

tips mengatasi depresi

Alternatifmu.com – Tips mengatasi depresi, Tidak terasa ya Sudah hampir dua tahun Pandemi Covid-19 membatasi banyak aktivitas dunia, semua kegiatan banyak yang dilakukan mealui rumah, bagaimana perasaan anda? Apakah masih nyaman dengan aktivitas dari rumah atau sudah bosan penuh emosi menunggu kapan Pandemiini berakhir?

Ketika emosi anda tidak stabil rasa-rasanya segala sesuatunya menjadi down dan pikiran buruk selalu membayangi, nah jika sudah seperti itu anda harus berhati-hati bisa jadi anda mengalami depresi atau stress karena terlalu lama dirumah.

Isolasi mandiri dan menjauhkan diri dari dari aktivitas yang berkerumun lambat laun menjadi penyebab depresi, dalam situasi ini anda harus mengantisipasinya dengan beberapa tips mengatasi depresi yang tepat.

Selain imunitas anda perlu menjaga Kesehatan mental untuk menghadapi hari-hari yang serba tidak pasti agar tidak mengalami depresi.

Sampai detik ini para ahli pun belum bisa memprediksi kapankah pandemi ini akan berakhir, karena itu anda harus bisa bertahan sampai situasi nya membaik.

Meskipun segala keterbatasan harus dilalui seperti tidak bisa berkumpul dengan teman, tidak bisa traveling yang biasanya menjadi moodbooster ternyata masih ada banyak hal yang bisa dikerjakan dirumah agar anda tidak stress dan depresi.

Tanpa disadari selama pandemic ini berlangsung banyak sekali hal yang bisa membuat kita tertekan, siapa diantara kalian yang merasakan hal yang sama?

Takut Tertular

Banyaknya kasus yang positif covid-19 membuat kita merasakan takut jika tertular atau bahkan malah menulari orang-orang terdekat.

Rasa takut ini bisa membuat ketakutan yang berlebihan meskipun sudah selalu menerapkan protocol Kesehatan.

Depresi karena ketidakpastian

Banyak hal yang sudah jauh-jauh hari direncanakan dengan matang harus menggantung karena ketidakpastian situasi untuk mengeksekusi plan-plan tersebut yang berujung gagal dalam pelaksanaannya.

Ketidakpastiaan ini membuat anda tertekan stress dan bahkan depresi terlebih jika anda tidak bisa menemukan alternatifnya.

Bosan dan Frustrasi

Pembatasan aktivitas, penerapan protocol Kesehatan aktivitas yang berulang-ulang, kebiasaan-kebiasaan baru yang dapat membuat anda terkekang baik lahir maupun batin. Bukan hanya itu saja sosialisasi dengan orang-orang terdekat pun harus turut dibatasi.

Sementara sosialisasi dengan orang lain adalah kebutuhan yang harus dipenuhi akhirnya hal ini menjadikan anda bosan dan frustasi.

Jika sudah ada tanda-tanda depresi bagaimana cara mengatasinya?

Berikut ini beberapa tips mengatasi depresi secara mandiri :

Baca Juga : Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

Membuat rutinitas yang sehat

Aktivitas dari rumah ini membuat anda meninggalkan rutinitas positif yang dulu selalu anda lakukan seperti tidur yang cukup, makan yang sehat dan berolahraga.

Sementara aktivitas-aktivitas tersebut sangat penting untuk menjaga Kesehatan fisik dan mental anda agar dapat selalu berpikir positif.

Rutinitas yang sehat ini meliputi memberikan waktu khusus untuk me time dan lain-lain. Seringnya aktivitas dari rumah menjadikan anda kesulitan memisahkan mana waktu kerja dan mana me time karena anda berada dikamar terus sehingga berasa memiliki waktu pribadi yang banyak padahal tidak.

Cara Mengatasi Depresi

Anda bisa menentukan apa saja yang akan dilakukan dihari tersebut, namun sebelum itu anda juga harus menanamkan mindset bahwa setiap hari adalah awal yang baru sehingga anda bisa merasakan bahwa setiap hari itu istimewa.

2. Melakukan Hobi yang Membuat Anda Senang

Meluangkan waktu untuk hobi adalah keharusan hobi seperti memasak, berkebun menulis, melukis adalah beberapa contoh hobi yang bisa dilakukan dimanapun.

Mengerjakan hobi dapat membuat anda Kembali produktif, senang bahkan bersemangat. Biasanya tubuh yang rutin bergerak tidak sekedar mampu meningkatkan imunitas tetapi juga mental, jadi stop rebahan.

3. Menjaga Komunikasi dengan Orang Terdekat

Berinteraksi dengan pasangan, oang terdekat dan teman bisa dilakukan dengan virtual apapun bentuk interaksinya seperti video call, main game online bareng atau bahkan Nobar.

Dengan kecanggihan tehnologi ini bisa menjadi media untuk tetap menjaga komunikasi bahkan sosialisasi untuk mengurangi frustasi depresi dan stress.

4. Menghubungi Ahli

Jika semua tips diatas sudah dijalankan namun depresi yang anda alami tidak berkurang atau membaik anda perlu berkonsultasi ke ahli psikologi dengan menceritakan secara lengkap kondisi anda.

Tidak perlu sungkan untuk mencari dan menerima bantuan dari Seorang Ahli untuk menemukan solusi terbaik terhadap permasalahan anda.

Namun, jika semua cara diatas sudah tidak lagi memberikan efek anda tidak perlu khawatir, anda bisa menceritakan hal-hal yang belum diceritakan kepada orang yang memiliki ilmu kejiwaan atau psikologi.

Harapannya dengan konsultasi dengan psikolog anda akan mendapatkan gambaran yang jelas terkait apa yang sebenarnya terjadi dengan anda dan bagaimana cara mengembalikannya kedalam keadaan awal sebelum anda mengalami depresi.