Rumus Penjumlahan Excel Mudah Cepat dan Efisien

rumus penjumlahan excel

Alternatifmu.com – Rumus penjumlahan Excel, Microsoft Excel merupan sebuah software pengolah data atau angka, namun secara detail Microsoft Excel berguna untuk membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa, serta meringkas data. Tidak hanya itu, Microsoft Excel juga digunakan untuk melakukan perhitungan aritmatika dan statistika sehingga fungsinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang berbau logika dan matematika. Excel juga dapat digunakan untuk membuat laporan keuangan, penyusunan budgeting keuangan, membuat laporan baik dalam bentuk tabel, grafik, ataupun diagram.

Microsoft Excel bermanfaat untuk memudahkan pekerjaan dalam banyak bidang. Seperti, di bidang akutansi dapat digunakan untuk mencari besarnya penjualan perusahaan selama periode tertentu, menghitung jumlah laba rugi, menghitung gaji karyawan dan banyak bidang lainnya. Kemudian di bidang data, Microsoft Excel berfungsi untuk melakukan pengolahan data dengan statistika dasar seperti mencari median, mean (rata-rata), nilai maksimum dan minimum, dan lain-lain. Hasil tersebut akan disajikan dalam bentuk grafik maupun diagram sehingga mudah untuk dimengerti oleh semua orang.

Microsoft Excel mempunyai berbagai rumus yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan penghitungan, termasuk rumus penjumlahan yang tentu saja bisa semakin memudahkan pekerjaan kita.

Baca Juga : Pengertian dan Fungsi Microsoft Excel

Berikut ini merupakan cara memakai rumus penjumlahan Excel yang krusial untuk diketahui, dan caranya pun sederhana, sehingga dapat diikuti oleh siapa saja.

Rumus Penjumlahan Excel menggunakan Cara Sederhana

Dalam Excel, kita bisa memakai rumus sederhana untuk menjumlahkan angka pada grup sel (rentang baris), dengan menuliskan sintaks sebagai berikut :

=A1+A2+A3+…

Penggunaan rumus penjumlahan di atas sedikit membuat repot apabila jumlah baris yang akan digunakan berjumlah banyak, dan rentan dengan kesalahan ketik, sehingga terdapat rumus lainnya yang lebih efektif untuk digunakan, yakni :

=SUM(A1:A)

Rumus penjumlahan Excel yang memakai sel dua rentang

=SUM(A2:A4,C2:C3)

Merupakan jumlah angka pada rentang A2: A4 dan C2: C3. Untuk mendapatkan nilai total 39787, Anda perlu menekan tombol Enter.

Rumus penjumlahan dapat dilakukan menggunakan cara berikut :

  1. Ketikkan = SUM pada sel, diikuti dengan tanda kurung buka (.
  2. Masukkan rentang rumus pertama, yang dianggap argumen (bagian data rumus perlu menjalankan), a2: A4 tipe (atau pilih sel A2 dan seret hingga sel A6).
  3. Ketik koma (,) guna memisahkan argumen pertama dari argumen berikutnya.
  4. Ketikkan kedua argumen, C2: C3 (atau seret untuk memilih sel).
  5. Ketik tanda kurung tutup ), dan kemudian tekan Enter.

Demikian adalah rumus penjumlahan Excel, semoga bermanfaat dan membantu anda selamat mencoba!