Pilihan Obat Sakit Gigi Anak yang Manjur dan Aman

Obat Sakit Gigi Anak

Alternatifmu.com – Obat Sakit Gigi Anak, Sakit gigi banyak terjadi di usia anak-anak, sebabnya juga bermacam-macam, bisa dikarenakan gigi berlubang atau gusi bengkak. Hal ini tentu saja bisa menjadikan anda sebagai orang tua merasa khawatir kerena dampaknya anak-anak akan menjadi lebih rewel dan tidak mau makan.

Maka dari itu kami merekomendasikan obat sakit gigi anak yang manjur dan aman, anda bisa mendapatkannya dari apotik atau membuatnya sendiri dirumah.

Daftar Obat Sakit Gigi Anak yang Aman

Sebelum memilihkan obat sakit gigi yang tepat untuk anak anda sebaiknya anda menanyakan terlebih dahulu dengan anak anda untuk menceritakan seperti apa sakitnya dan minta agar anak menunjukan sumber sakitnya.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah terjadi pembengkakan atau tidak, bagaimana warna gigi atau kondisi gigi berlubang ataukah patah.

Sebagai orang tua anda juga harus cerdas dalam memilih obat sakit gigi anak anda agar sesuai dengan keluhan yang mereka rasakan. Sedangkan dosis dan jenis obat juga harus disesuaikan dengan usia dan berat badannya.

Berikut ini daftar obat sakit gigi yang aman untuk anak :

1.    Paracetamol

Paracetamol adalah obat sakit gigi paling populer. Paracetamol juga berfungsi untuk meredakan nyeri gusi, sakit kepala, demam yang disertai dengan sakit gigi. Obat ini dapat dibeli di toko obat tanpa harus menebus resep dokter.

Pastikan anda membaca aturan pakainya dengan teliti sebelum memberikannya kepada anak anda. Obat sakit gigi ini dapat diberikan untuk anak mulai usia 2 bulan ke atas yang lahir setelah berumur 37 minggu, dan berat badannya sudah lebih dari 4 kg.

Untuk dosis penggunaanya tentu berbeda dengan remaja atau orang dewasa, ada baiknya anda menanyakan kepada dokter dosis yang aman untuk diberikan kepada anak anda.

Sama seperti obat lainnya Paracetamol juga memiliki efek samping, jika anda mendapati gatal, ruam pada kulit, bengkak dibagian wajah, lidah atau tenggorokan, pusing dan kesulitan bernafas segeralah untuk membawa anak anda kedokter.

2. Ibuprofen

Ibuprofen juga sering digunakan untuk mengobati sakit gigi, sakit kepala, dan gusi anak yang bengkak. Ibuprofen baru boleh diberikan untuk obat sakit gigi jika anak Anda sudah berusia 3 bulan dan berbobot 5 kg atau lebih.

Jika anak anda mengalami asma, gangguan pembekuan darah, masalah ginjal dan hati sebaiknya anda menghindari obat ini.

Obat ini memiliki Khasiat yang lebih kuat dibandingkan paracetamol, jadi anda haris memberikan dosis yang benar benar sesuai dengan anjuran dokter atau kemasan label.

Efek samping dari obat ini seperti mual dan muntah, sakit perut, diare dan sembelit, mengantuk hingga pusing, jika terjadi gangguan pendengaran setelah mengkonsumsi obat ini segeralah bawa abak anda kedokter.

Sebelum memilih atau menggunakan obat ini anda sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

3. Naproxen

Naproxen adalah obat alternatif jika sudah tidak Paracetamol atau Ibuprofen, obat ini berfungsi untuk meredakan rasa sakit dan pembengkakan yang terjadi akibat sakit gigi.

Gunakan obat ini sesuai dengan aturan atau anjuran dokter serta jangan menambah dosis atau mengkonsumsinya lebih sering dari aturan yang diberikan.

Efek Samping penggunaan obat ini diantaranya seperti mual, keram dibagian perut, pusing, nyeri ulu hati hingga mengantuk. Jika terjadi gejala seperti sulit bernafas, gatal-gatal, bengkak dibagian wajah, bibir, lidah dan tenggorokan segeralah bawa anak anda kedokter.

Baca Juga : Perbedaan Obat Kimia dengan Obat Herbal

Pilihan Obat Sakit Gigi Alami untuk Anak

Selain minum berbagai obat di atas, Anda juga bisa mencoba obat alami dibawah ini untuk meredakan sakit gigi anak di rumah secara mandiri :

1. Kumur Air Garam

Berkumur dengan air garam merupak obat sakit gigi warisan leluhur yang juga terbukti ampuh untuk mengatasi permasalahan sakit gigi. Selain mengobati sakit gigi berkumur dengan air garam juga berfungsi untuk membunuh bakteri yang menyebabkan pembengkakan pada gusi dan plak serta membersihkan sisa makanan yang menepel disela-sela gigi.

Caranya larutkan setengah sendok teh garam kedalam 200 ml air hangat dan gunakan air larutan tersebut untuk berkumur kumur lakukan beberapa kali sampai air larutan garam tersebut habis.

2. Kompres Dingin

Selain cara diatas bila anak tidak suka dengan cara berkumur dengan air garam anda juga masih memiliki opsi lain yaitu dengan mengompresnya dengan es yang dingin.

Gunakan kain atau yang lainnya masukkan kedalam air es, peras dan tempelkan dipipi dibagian yang dikeluhkan, suhu dingin berfungsi untuk menghilangkan rasa ngilu dibagian sarafnya.

Es juga berfungsi untuk mengempiskan pembengkakan pada gusi akibat sakit gigi. Untuk cara ini hindari menempelkan langsung es kebagian kulit pipi.

3. Ajak Anak untuk Rajin Sikat Gigi

Sakit gigi umumnya terjadi karena gigi berlubang, gigi berlubang terjadi akibat kebersihan gigi yang kurang terjaga atau kotor karena banyaknya sisa makanan yang masih menempel dan tertinggal di dalam.

Ajarkan anak anda untuk selalu menjaga kebersihan gigi dengan cara menggosok gigi secara teratur dan dengan cara yang benar, pilih sikat gigi dengan bulu yang halus yang sesuai dengan kondisi mulut anak. Sikat seluruh bagian gigi dari depan hingga bagian belakang sampai semua bagian gigi.

Anak-anak lebih berisiko mengalami infeksi gigi dan mulut ketimbang orang dewasa. Jadi, apabila Anda merasa khawatir terkait kesehatan gigi dan mulut si kecil, jangan ragu untuk mengajaknya berobat ke dokter gigi.