Persiapan Yang Dibutuhkan Saat Bayi Imunisasi

Persiapan Sebelum Bayi Imunisasi

Melakukan imunisasi untuk bayi agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya sangat diperlukan. Terdapat serangkaian imunisasi bayi yang bisa Bunda berikan untuk si Kecil. Agar kegiatan imunisasi berjalan lancar, Bunda perlu mempersiapkan beberapa hal, misalnya:

1. Memastikan Si Kecil Sehat dan Tidak Demam

Sebelum datang untuk memenuhi jadwal imunisasi Bunda wajib memastika bahwa si kecil dalam kondisi yang sehat dan tidak kelelahan, Bila si kecil sudah dalam masa MPASI Bunda wajib memastikan sekaligus memperhatikan asupan nutrisi harian terpenuhi dengan sempurna.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya demam atau efek lain pasca imunisasi sekaligus untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil.

2. Membawa Buku Pink Atau Buku Catatan Imunisasi Anak

Setelah imunisasi pertamanya, anak akan mendapatkan buku/kartu vaksin imunisasi bayi sebagai catatan khusus untuk imunisasi yang telah ia dapatkan serta yang masih perlu didapatkan.

Buku Pink atau buku catatan imunisasi anak ini harus selalu dibawa ketika si kecil imunisasi, dari buku catatan ini dokter maupun bidan dapat memeriksa sekaligus mengetahui kapan terakhir kali si kecil mendapatkan imunisasi dan Riwayat imunisasi apa saja yang sudah diberikan.

3. Tetap Tenang dan Jangan Panik

Hal yang perlu diketahui adalah bahwa si kecil bisa merasakan psikologi Bundanya, Jika bunda merasa cemas atau gelisah maka si kecil juga akan merasakan hal yang sama, karena itu Bunda perlu tetap tenang saat mendampingi si kecil imunisasi.

Jika si kecil sudah cukup besar dan bisa diajak berkomunikasi, baiknya bunda memberi penjelasan bahwa imunisasi ini sangat penting dilakukan demi Kesehatan si kecil tentu dengan cara yang mudah di fahami.

Jangan pernah menakut-nakuti si kecil atau hanya sekedar mengatakan bahwa di suntik itu tidak sakit, Jelaskan jika disuntik nanti mungkin akan berasa sedikit sakit namun tidak akan lama.

4. Mendampingi si kecil saat Imunisasi

Saat imunisasi penting untuk selalu ada disamping si kecil, karena hadirnya bunda akan membantu si kecil agar tetap merasa tenang saat di imunisasi, jika bunda tidak bisa mendampingi ada baiknya menghadirkan orang yang dikenalnya dengan baik untuk selalu mendampingi si kecil.

Jika anak menangis usahakan untuk menenangkannya dan mendampinginya sampai tangisannya berhenti.

5. Memastikan Si Kecil tidak Salah Kostum

Saat melakukan imunisasi biasanya ada bagian badan yang harus dibuka, karena itu, sangat penting untuk menggunakan pakaian yang mudah dibuka namun tetap hangat. Hindari menggunakan pakaian yang sempit, ketat dan memiliki banyak kancing.

Untuk balita dan anak-anak biasanya akan disuntik dibagian lengan, sedangkan bayi yang berusia di bawah 12 bulan disuntik dibagian paha.

Hal penting yang tidak boleh ketinggalan adalah bunda perlu memilihkan popok yang nyaman untuk si kecil. Saat imunisasi gunakanlah popok Merries agar si kecil selalu merasa nyaman.

Popok Merries memiliki 3 lapisan bersirkulasi dengan permukaan yang lembut sehingga kulit si Kecil akan nyaman dan bebas iritasi. Yuk buat si Kecil nyaman saat imunisasi dengan menggunakan popok Merries.