Perbedaan Blog dan Website Lengkap Dengan Contohnya

perbedaan blog dan website lengkap beserta contohnya

Alternatifmu.com – Perbedaan blog dan website, Saat pertama kali akan membuat blog mungkin anda akan bingung untuk menentukan platform terbaik untuk media bloging, terlebih lagi ada perbedaan antara blog dan website.

Sebelum anda melanjutkan ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu perbedaan diantara keduanya melalui definisinya berikut ini.

Apa itu Blog dan Website

Blog merupakan kependekan dari web log, yang diartikan sebagai aktivitas yang dilakukan pada sebuah website. Blog biasanya berisi konten opini, pengalaman, aktivitas, tips, dan yang mirip dengan hal-hal tersebut.

Website adalah sejumlah laman online yang terhubung dalam satu domain, biasanya dikelola oleh individu, perusahaan, institusi, organisasi, atau pemerintah (Sumber: Merriam Webster)

Mungkin Dari definisi tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan sekilas gambaran mengenai perbedaan antara blog dan website.

Sederhananya, website merupakan sebuah kata yang umum digunakan sebagai nama untuk untuk menyebut semua situs yang ada di internet. Contohnya www.youtube.com, www.google.com, www.facebook.com dan lain lain.

Sementara blog adalah bagian dari website dan lebih sering disebut sebagai website pribadi karena pengelolaanya yang sederhana dan mudah.

Dari penjelasan diatas dapat dianalogikan seperti ini, semua apel adalah buah namun tidak semua buah adalah apel. Artinya semua blog adalah bagian dari website, namun tidak semua website adalah blog.

Perbedaan Blog dan Website

1. Konten

Umumnya konten blog berisi tulisan atau artikel, video, atau podcast tentang tema yang diminati pemilik blog. Konten blog mayoritas memuat tentang pengalaman, opini, atau aktivitas pemilik blog.

Konten yang anda buat bisa memuat satu tema atau lebih dalam satu blog. Contoh anda ingin membuat 2 blog sekaligus, blog pertama dengan focus dengan tema Parenting sementara blog yang kedua memiliki bahasan topik yang lebih luas contoh dengan tema otomotif,lifestyle,tehnologi tips dan trik dan lain lain.

Sedangkan website biasanya kontennya berisi informasi mengenai produk dan layanan. Seperti, Profil perusahaan, katalog produk, kontak, alamat perusahaan dan lain-lain.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Sampai Menghasilkan Uang

2. Update

Blog biasanya akan lebih sering melakukan update secara berkala dan biasanya sudah terjadwal bisa satu kali sehari, tiga kali sehari atau seminggu sekali. Konten blog bersifat lebih dinamis jika dibandingkan dengan website.

Website biasanya sangat jarang melakukan update, bisa jadi dalam satu tahun terakhir tidak ada update konten yang dilakukan karena hal tersebut juga konten website bersifat statis karena tidak selalu membutuhkan update.

3. Gaya Bahasa

Gaya Bahasa yang digunakan di blog dan website sangat berbeda, blog bisa menggunakan gaya Bahasa formal maupun non formal, sangat variative tergantung dari admin dan sasaran pembacanya.

Sementara gaya Bahasa yang digunakan dalam sebuah website biasanya jauh lebih formal, hal ini dikarenakan tujuan website itu dibuat, penggunaan gaya Bahasa yang formal akan berdampak pada profesionalisme dan trust customer terhapat website itu sendiri.

4. Arah Komunikasi

Biasanya arah komunikasi sebuah blog bersifat interaktif atau dua arah, yag artinya bahwa pembaca bisa melakukan interaksi dengan penulis dengan cara memberikan komentar dalam setiap artikel yang di publish atau yang baru saja di rilis.

Untuk website biasanya komunikasi berjalan satu arah, yang artinya konten website yang di publish tidak memberikan ruang bagi pembaca untuk memberikan komentar di dalam semua kontennya.

5. Subscribe

Fungsi tombol subscribe ini adalah untuk menjadikan pembaca sebagai langganan dalan blog, artinya setiap kali blog melakukan update maka pembaca yang melakukan subscribe tersebut akan langsung mendapatkan notifikasi.

Tidak semua website memberikan fasilitas subscribe, namun tetap ada beberapa website yang menyematkan tombol ini. Jika blog akan mengirimkan konten terbaru setiap melakukan update maka berbeda pula dengan website, biasanya website mengirimkan katalog atau layanan baru kepada subscribernya.

6. Pengelola

Dalam pengelolaan antara blog dan website juga memiliki perbedaan yang signifikan, jika blog biasanya dikelola secara mandiri oleh pemiliknya sendiri, namun ada pula beberapa blog yang dikelola oleh beberapa penulis.

Sedangkan website pengelolannya biasanya dikelola oleh perusahaan dengan SDM yang terdiri dari beberapa tim ahli seperti designer, copywriter, developer dan lain lain.

Kesimpulan

Dengan memahami perbedaan antara blog dan website, semoga anda tidak lagi bingung menyebutkan mana yang blog dan mana yang yang website, dengan ini pula diharapkan anda bisa menentukan platform yang tepat untuk kebutuhan anda.

Jika anda ingin sharing pengalaman, cerita atau opini maka blog adalah platform yang tepat untuk anda. Anda bisa menggunakan platform blogger atau wordpress atau bahkan menggunakan domain sendiri.

Namun jika tujuan anda untuk berbisnis, branding perusahaan atau organisasi yang sifatnya formal maka website adalah platform yang tepat untuk anda pilih. Semoga bermanfaat dan semoga sukses.