Panduan Cara Membuat Blog Yang Menghasilkan Uang

Cara membuat blog yang menghasilkan uang

Alternatifmu.com – Cara membuat blog yang menghasilkan uang, Apakah benar blog bisa menghasilkan uang? Pertanyaan ini adalah pertanyaan saya juga dulu sebelum mengetahui bahwa dari blog seseorang bisa mendapatkan penghasilan, sampai saat ini pertanyaan ini masih terus dipertanyakan.

Jika diperhatikan Sebagian besar blogger membuat konten tulisan di dalam blognya untuk menuangkan ide dan gagasannya saja, tetapi aktivitas blogging ternyata tidak sesederhana itu, dengan membuat konten tulisan anda bisa memberi inspirasi, memberi pengaruh bahkan memberikan solusi terhadap permasalahan hidup pembaca.

Membantu orang lain melalui informasi yang dituangkan di dalam artikel tentu saja akan memberikan kepuasan tersendiri, karena itu pula lah banyak orang yang rela berbagi informasi gratis melalui blognya.

Kesenangan berbagi kepada orang lain akan lebih menyenangkan lagi apabila anda bisa menghasilkan uang dari artikel-artikel yang anda posting di dalam blog tersebut.

Dalam artikel ini saya akan berbagi informasi bagaimana cara menghasilkan uang dari sebuah blog, Namun sebelumnya ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi sebelum bisa mendapatkan uang dari blog sebagai berikut :

Syarat Blog Menghasilkan Uang

Untuk dapat menghasilkan uang dari blog syaratnya gampang-gampang susah, bagi seorang mastah tentu hal ini adalah hal mudah, namun bagi publisher pemula ini bisa dikatakan susah karena ada banyak hal yang harus dipelajari dan butuh kesabaran ekstra karena prosesnya membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Syarat yang harus di penuhi jika anda ingin menghasilkan uang dari Blog adalah sebagai berikut :

Konten (Artikel Berkualitas)

Istilah konten is king adalah benar adanya, sebuah website yang bagus tanpa artikel atau konten yang berkualitas dan mampu menempati halaman pertama search engine hanya akan berakhir sia-sia.

Artikel yang baik dan berkualitas adalah artikel yang mudah dibaca dan di fahami serta mampu memberi solusi atas apa yang pembaca cari sekaligus menerapkan kaidah-kaidah SEO yang menjadikannya muncul di halaman pertama search engine sehingga mudah ditemukan oleh pembaca.

Pengunjung Blog (Visitor)

Jika tujuan anda membuat blog adalah untuk mendapatkan penghasilan melalui Google Adsense maka anda membutuhkan minimal 1000 visitor per hari dengan CPC 2000 per klik.

Dengan trafik dan CPC seperti itu anda berpeluang untuk bisa gajian setiap bulannya, perlu diketahui bahwa untuk dapat menerima gaji dari Google Adsense minimum anda harus mendapatkan penghasilan sebesar 100 USD atau setara dengan 1,3 Juta Rupiah.

Namun apabila CTR Google Adsense anda rendah walaupun trafik anda 5000 visitor perhari belum tentu juga anda bisa mendapatkan gaji setiap bulannya dari Google Adsense.

Kualitas Blog

Berkualitas atau tidaknya sebuah blog menurut search engine dapat diukur dengan menggunakan 3 indikator dibawah ini.

  1. Domain Authority (DA) merupakan indicator yang digunakan untuk mengukur peringkat sebuah website di SERPs.
  2. Page Authority (PA) merupakan sebuah indicator yang digunakan untuk mengukur peringkat sebuah halaman di SERP, Nilai Skor DA dan PA dapat menjadi sebuah magnet untuk menarik Kerjasama dengan pihak lain yang bisa berupa Content Placement, Review Product, Guest Post dan lain-lain, semakin tinggi skor DA dan PA Semakin bagus pula peringkat website dimata search engine. Skor dimulai dari 0-100.
  3. Domain Rating (DR) merupakan sebuah metrik dari ahrefs yang digunakan sebagai tolok ukur kekuatan sebuah website seperti profil backlink dan lain-lain. Indicator ini memiliki fungsi yang sama dengan DA dan PA diatas.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Blog?

Menghasilkan uang dari blog adalah sesuatu yang sangat mungkin, seperti halnya influencer media yang lain, Ketika asset digital anda seperti blog ini memiliki visitor dan peringkat yang baik di mata search engine maka hal itu akan mendorong banyak pihak untuk bekerjasama dalam banyak hal seperti penempatan iklan, review product atau bahkan blog placement yang sudah dijelaskan diatas.

Ketika blog anda telah memenuhi syarat diatas bahkan bukan tidak mungkin Anda bisa menjadikan blog sebagai sumber penghasilan utama anda.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Di WordPress Bagi Pemula Lengkap

6 langkah menghasilkan uang dari blog :

  1. Buat Blog di Platform Blog Terbaik
  2. Buat Konten Blog Yang Bermanfaat
  3. Meningkatkan Kualitas SEO Blog
  4. Mempromosikan Blog di Media Sosial
  5. Membangun dan Menjaga Kepercayaan Pembaca
  6. Tentukan Cara Monetisasi Blog

Kualitas blog, Mengapa kualitas blog ini begitu penting untuk mendapatkan penghasilan? Karena dengan blog yang berkualitas Anda berpeluang untuk dapat menghasilkan uang dari blog dalam jangka waktu yang lama.

Mindset yang perlu ditanamkan adalah bagaimana membuat blog berkualitas terlebih dahulu lalu kemudian baru berfikir cara menghasilkan uang dari blog tersebut karena anda tidak akan mungkin bisa menghasilkan uang dari blog dengan kualitas yang rendah.

Langkah-langkah membuat blog yang berkualitas sampai menghasilkan uang adalah sebagai berikut :

1. Buat Blog di Platform Terbaik

Platform blog terbaik akan melahirkan blog dengan kualitas terbaik pula. Saat ini ada banyak platform penyedia layanan blog yang bisa Anda pilih, dari Blogspot, wordpress, Drupal,Magento, hingga joomla.

Platform mana yang akan anda pilih?

Masing-masing platform memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Namun saya sarankan untuk memilih WordPress. Ada banyak alasan mengapa saya menyarankan anda menggunakan wordpress sebagai platform blog anda.

  1. WordPress bisa digunakan secara gratis.
  2. Cocok digunakan siapa saja dari pemula sampai tingkatan mastah.
  3. Meghasilkan blog berkualitas tinggi. Website ini pun di motori oleh wordpress.

Kesimpulannya wordpress sangat power full untuk anda yang ingin membuat blog berkualitas tinggi.

2. Buat Konten Blog Yang Bermanfaat

Memilih wordpress sebagai platform blog anda adalah pilihan terbaik, Langkah selanjutnya adalah anda perlu mengisi website tersebut dengan konten dan artikel yang bermanfaat.

Bicara tentang konten, banyak publisher atau bloger yang mengisi blognya dengan bermacam-macam kategori bahasan yang familiar disebut blog gado-gado. Blog gado-gado ini memiliki tema bahasan yang sangat luas. Dalam satu blog bisa membahas lifestyle, teknologi, bisnis, Tips dan Trik, hobi, agama, dan lain sebagainya seperti halnya blog ini.

Pertanyaannya adalah apakah ini Langkah terbaik untuk membangun blog?

Tidak ada larangan dalam hal ini dan itu sah-sah. Dengan topik gado-gado tersebut artinya anda harus kreatif dan harus punya banyak ide dalam membuat artikel.

Diluar dari itu semua ada tantangan yang luar biasa besar yang harus Anda hadapi jika topik blog anda gado-gado. Blog dengan topik yang luas seperti itu membutuhkan banyak penulis, pemasarannya sulit, dan biasanya tidak memiliki basis pembaca setia.

Kesimpulannya, untuk sukses di blog dengan tema gado-gado membutuhkan biaya yang besar, jika anda memiliki budget yang besar untuk membangun blog tersebut silahkan dilanjutkan.

Namun saya sarankan agar anda membuat blog dengan Niche yang spesifik agar memudahkan anda untuk focus pada satu topik bahasan sekaligus memudahkan pembaca untuk mengingat branding blog anda.

3. Meningkatkan Kualitas SEO Blog

Visitor blog bisa berasal dari mana saja. Salah satu sumber terbesarnya adalah dari mesin pencari Google. Karena itu, setiap artikel anda harus memiliki SEO yang baik agar dapat tampil dihalaman pertama search engine google.

Dengan tampil di halaman pertama google maka artikel anda akan lebih mudah ditemukan calon pembaca. Membangun blog agar setiap artikel dan kontennya memiliki SEO yang bagus butuh waktu yang lama tidak cukup dengan semalam atau dua malam saja, membutuhkan waktu yang lama bukan berarti mustahil untuk dilakukan.

4. Mempromosikan Blog di Media Sosial

Saat ini  Semua bisnis sudah memanfaatkan media social sebagai media untuk menjaring trafik ke bisnis mereka.

Media sosial yang memiliki banyak pengguna saat ini bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan trafik, di antaranya : YouTube, Instagram, Facebook, Pinterest, dan Twitter.

Sebelum memposting konten sebaiknya perhatikan waktu posting konten di media sosial. Biasanya waktu-waktu terbaik untuk memposting konten adalah pukul 12 : 30 Ketika istirahat makan siang dan pukul 18:00 Ketika semua pegawai sudah berkumpul dengan keluarganya.

5. Membangun dan Menjaga Kepercayaan Pembaca

Semua orang bisa membuat blog dan memposting artikel berkualitas, hal yang sulit bagi blogger adalah konsisten untuk membuat konten berkualitas.

Kaitannya dengan poin #2 di atas. Blog yang membahas tema spesifik secara mendalam dan mendetail akan lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari pembacanya.

Untuk Menjaga kepercayaan pembaca perbaiki kekurangan blog Anda secara keseluruhan. Anda bisa meminta feedback berupa komen, kritik, dan saran dari pembaca sebagai bahan pertimbangan dalam memperbaiki blog Anda.

Butuh konsisten, waktu dan kerja keras untuk mendapatkan kepercayaan dari pembaca.

6. Menentukan Cara Monetisasi Blog

Google Adsense, Sebagian besar blogger menganggap bahwa google adsense adalah metode utama seorang publisher untuk mendapatkan uang melalui blog, tidak ada yang salah dengan statement tersebut. Namun yang perlu diketahui adalah bahwa ada banyak sekali metode yang bisa digunakan seorang blogger untuk mendapatkan uang melalui blog.

Dibawah ini adalah beberapa metode yang saya rangkum untuk anda yang ingin mendapatkan uang melalui blog sebagai berikut :

Penghasilan Blog dari Google AdSense

Adsense, begitulah para publisher menyebutnya,  Google Adsense merupakan program periklanan yang dikelola oleh google, dimana seorang konten creator bisa mendapatkan uang dari asset digital yang dimilikinya, bukan hanya blog, program periklanan youtube juga berasal dari metode ini.

Jika anda pengguna smartphone android kalian mungkin juga tidak jarang melihat ada iklan yag muncul dari aplikasi tersebut, iklan tersebut juga berasal dari metode yang sama, perbedaannya hanyalah penamaanya  saja jika di aplikasi metode ini biasa disebut sebagai Admob.

Penghasilan seorang blgger diperoleh dari klik iklan dan jumlah tanyangan Adsense di blognya, namun jangan pernah sekali-kali mencoba untuk meng-klik sendiri iklan yang muncul di blog anda. Jika anda melakukannya maka akan berdampak buruk terhadap akun google adsense anda dan bahkan berpotensi bannet, karena hal tesebut dilarang oleh Google Adsense.

Menjanjikan, iya, kesan tersebut tertanam kuat di benak para blogger. Bagaimana tidak anda tidak perlu repot-repot mencari pengiklan anda hanya perlu focus membuat konten dan meningkatkan jumlah visitor kedalam blog anda sementara Google Adsense yang mengumpulkan para pengiklan untuk ditanyangkan kedalam website anda.

Sayangnya untuk blog berbahasa Indonesia nilai klik iklannya sangat kecil, sejauh ini yang saya alami biaya perkliknya berada diantara $0,04 sampai $0,08 hal ini terasa mengecewakan, tapi mau tak mau harus diterima.

Dengan biaya perklik yang begitu kecil metode ini kurang cocok untuk blog dengan trafik yang masih sedikit, untuk dapat menikmati penghasilan dari adsense anda wajib memiliki trafik yang besar.

Mendapatkan Uang dari Blog dengan Affiliate Marketing

Cara lain untuk mendapatkan uang dari blog adalah dengan mengikuti program afiliasi, hal ini juga sudah banyak dilakukan oleh para blogger.

Systemya mudah, anda hanya perlu mendaftarkan blog anda untuk menjadi media yang menyebar luaskan produk afiliasi melalui blog anda, anda akan diberi sebuah kode kemudian diminta untuk memasang kode tersebut kedalam blog anda, setiap kali ada penjualan yang diperoleh melalui link yang ada diblog anda maka anda akan mendapatkan komisi.

Sebaiknya program afiliasi yang anda ikuti adalah yang sesuai dengan niche blog anda, hal ini dimaksudkan agar konsumen lebih mudah menemukan produk yang anda komersilkan sekaligus tetap menjaga niche blog anda untuk tetap berada ditempatnya.

Penghasilan Blog dari Endorsement

Istilah Endorsment begitu populer dewasa ini, aktivitas mempromosikan sebuah produk atau layanan dalam bentuk penyebutan nama produk, review produk, unboxing dan menjelaskan deskripsi produk sekaligus ajakan untuk menggunakan produk tersebut,  ternyta mengundang begitu banyak pengiklan untuk melakukan hal ini melalui para publisher.

Konsepnya blogger bekerja sama dengan perusahaan tertentu yang ingin produk dan layanannya di sebar luaskan oleh blogger melalui blognya, benrfitnya bervariasi bisa berupa uang sampai produk gratis sesuai dengan kesepakan kedua belah pihak.

Biasanya perusahaan akan menghubungi anda untuk mengajak melakukan Kerjasama, karena itu anda perlu mencantumkan kontak yang bisa dihubungi di blog anda, sebaiknya anda menyematkan media social dan email diblog anda untuk memudahkan orang lain menghubungi anda.

Pastikan blog anda berkualitas agar semakin banyak perusahaan-perusahaan yang melakukan Kerjasama dengan anda.

Penghasilan Blog dari Menjual Produk atau Jasa Sendiri

Jika anda memiliki produk atau jasa yang bisa dijual atau ditawarkan melalui blog kepada para pembaca maka hal tersebut bisa mendatangkan uang untuk anda.

Ada banyak sekali blogger yang selain membuat konten yang berkualitas di blognya mereka juga menawarkan barang dan jasa kepada para pembacanya. Jadi seorang blogger bisa mendapatkan uang dari blog dengan banyak metode walaupun hanya melalui satu blog saja.

Pastikan barang dan jasa yang anda tawarkan kepada para pembaca sesuai dengan niche blog anda, selain mendapatkan uang anda juga bisa mendapatkan banyak teman dengan ngeblog di internet.

Penghasilan Blog dari Menjual Blog

Cara menghasilkan uang dari blog yang berikutnya adalah dengan cara menjual blog, diluar sana ada banyak sekali orang yang ingin memiliki blog namun tidak ingin repot mendesain blog melakukan optimasi SEO dan lain-lain hal ini tentu menjadi peluang untuk anda yang memiliki kemampuan tersebut untuk menjualnya.

Jika anda bingung dimana harus menjual blog dan bagaimana caranya? Ada banyak cara, anda bisa menawarkan melalui forum-forum publisher Indonesia Ads.id atau grup-grup serupa di media social.

Sebelum memposting jualan blog anda, siapkan data-data seperti nama domain, spesifikasi hosting, trafik blog dan informasi penting lain yang berkaitan dengan blog tersebut.