Macam Macam Kurma Paling Populer Di Dunia

macam macam kurma

Macam macamkurma – Kurma adalah buah asli dari tanah Arab yang merupakan salah satu buah yang bisa dijumpai di Indonesia. Buah ini identik dengan Bulan Ramadhan karena lebih banyak dan lebih mudah ditemukan ketika Bulan Ramadhan tiba.

Kurma adalah jenis buah yang bisa tumbuh kapan saja sepanjang tahun. Namun umumnya, buah ini sering dipanen pada musim gugur atau awal musim dingin di negara asalnya. Alasannya, karena di musim dingin buah ini berada dalam kondisi paling segar.

Tahukah anda bahwa kurma memiliki begitu banyak varian dengan cita rasa, tekstur dan bahkan bentuk buah dan warna serta khasiat yang berbeda antara kurma yang satu dengan kurma yang lainnya.

Berikut kami ulas 10 macam macam kurma paling populer di dunia :

Kurma Ajwa

Kurma ajwa disebut juga kurma nabi, karena dulu sering dikonsumsi Nabi Muhammad SAW. Rasanya sih mirip kismis, tidak terlalu manis.

Kurma ajwa memiliki tekstur yang lembut di dalam mulut dan kering. Beberapa orang berpendapat bahwa kurma ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit.

Kurma ini dianggap sangat spesial, sebab dalam sebuah hadis disebutkan Rasulullah berkata, “Barang siapa mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa pada pagi hari, maka hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir,” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Kurma Halawi

Kurma asal Arab ini rasanya sangat pas disantap ketika berbuka puasa. Rasanya sangat manis dengan ukurannya yang kecil dan bertekstur lembut.

Baca Juga : Pia Legong Oleh-Oleh Khas Bali

Kurma Halawi punya cita rasa legit dan seperti madu, tak heran sebab “Halawi” artinya “manis”. Salah satu varietas kurma yang banyak digemari ini berasal dari Irak. Kurma Halawi punya daging yang tebal, lembut dan berwarna keemasan.

Kurma Mazafati

Kurma yang dijuluki bam ini tumbuh di Kerman, Iran. Warnanya gelap dan berukuran sedang. Rasanya cenderung manis dan menyegarkan.

Enaknya lagi, kurma mazafati bisa bertahan dalam waktu cukup lama. Anda bisa menyimpannya selama dua tahun di tempat bersuhu lima derajat Celcius. 

Kurma Sukari

Sukari berasal dari bahasa Arab yakni Sukkur yang berarti gula. Sesuai dengan namanya, kurma Sukari memiliki rasa yang manis dengan daging lembut seperti karamel. Kurma berwarna keemasan ini memang memiliki cita rasa lebih manis dibanding jenis kurma lainnya.

Berbeda dengan Nabi Muhammad SAW, para raja Arab lebih senang menyantap kurma sukari. Mereka lebih senang menyantap yang basah dibandingkan kering.

Sukari basah memiliki tekstur lembut yang akan lumer di mulut. Spesialnya lagi, kurma ini mempunyai khasiat penambah stamina pria.

Kurma Khidri

 

Kurma khidri berwarna merah tua dengan tekstur kering dan kenyal. Rasanya pun tidak terlalu manis sehingga sering digunakan sebagai bahan campuran kue atau jus. 

Kurma khidri juga dikenal di kalangan para koki karena teksturnya yang kenyal, sehingga tak heran kurma ini digunakan untuk isian makanan selain cokelat dan kacang almond. 

Kurma Deglet Noor

Dalam bahasa Indonesia, buah ini bermakna “kurma yang bercahaya”. Terang saja karena buahnya berwarna emas atau terang ketika terkena paparan sinar matahari. Teksturnya lembut dan rasanya mirip madu.

Jenis kurma ini cocok dikonsumsi untuk program hamil. Kurma deglet noor banyak ditanam di Algeria dan Tunisia, sehingga juga dikenal dengan nama kurma Tunisia. 

Kurma Safawi

Kurma safawi adalah salah satu jenis kurma terbaik selain kurma ajwa. Daging buah kurma safawi cukup tebal dan lembap dengan warna gelap dan berbentuk oval. Sementara itu, tekstur kurma safawi adalah kering pada bagian luar dan kulitnya tampak keriput. 

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menyantapnya. Seratnya tinggi, sehingga bisa melancarkan sistem pencernaan secara optimal.

Kurma Thoory

Kurma Thoory adalah kurma yang populer di Al Jazair. Di dalamnya memang tidak ada kacangnya dan buahnya agak keras. Namun, Anda tetap bisa merasakan sensasi “kacang” dengan dominasi rasa manis.

Keunikan dari thoory terletak pada warnanya yang bisa berubah. Kalau Anda awetkan, warnanya akan berubah dari cokelat kemerahan menjadi biru.

Kurma Amer Hajj

Kurma populer dari Irak ini sering dijadikan hidangan bagi para tamu. Maka dari itu, kurma amer hajj kerap disebut the visitor’s date. Rasanya manis dengan daging tebal nan lembut, kulitnya pun tipis.

Kurma Sekki

Agak berbeda dengan yang lainnya, kurma yang satu ini memiliki warna kekuning kuningan dengan rasa yang lebih keras, sedangkan pada sisi bawahnya kurma ini berwarna kecoklatan dengan rasa yang lebih empuk dan kenyal. Tak hanya itu, Kurma Sekki ini memiliki rasa yang tidak terlalu manis.

Nah, Demikian macam macam kurma paling populer di dunia kalau Anda sendiri biasanya mengonsumsi kurma jenis apa, nih? Dari 10 kurma paling populer di dunia tersebut, yang mana jenis kurma favorit anda?