Informasi Proses Rekrutmen Pegadaian

rekrutmen pegadaian

Untuk mengembangkan perusahaan dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan, diperlukan sumber daya yang mumpuni dalam meningkatkan kredibilitas perusahaan. Sumber daya tidak dipilih secara sembarang oleh perusahaan, tetapi melalui tahapan rekrutmen dan seleksi hingga didapatkan pekerja dengan keahlian di bidang yang sesuai kebutuhan perusahaan.

Demikian pula yang dijalankan di PT Pegadaian. Proses rekrutmen Pegadaiandiadakanuntuk meningkatkan kinerja perusahaan dalam rangka mencapai visi dan misi yang ditetapkan. Proses rekrutmen ini dilaksanakan untuk mencari posisi atau jabatan yang dibutuhkan, sehingga para calon pekerja bisa mendaftarkan diri sesuai dengan keahlian, kompetensi, minat, serta bakat.

Adapun tahapan untuk rekrutmen calon pekerja di PT Pegadaian yaitu :

Tahap Seleksi Dokumen Administrasi

Untuk bisa lanjut ke tahap selanjutnya, para calon pekerja diharapkan menyiapkan sejumlah dokumen. Nantinya beberapa dokumen yang dibutuhkan perusahaan akan digabungkan dan diunggah dalam satu file pdf.

Berikut merupakan sejumlah dokumen yang dibutuhkan :

  1. Curriculum Vitae (CV), Transkrip Nilai, Ijazah yang telah dilegalisir, Akte Kelahiran, Kartu Keluarga, Fotokopi KTP, dan Fotokopi akreditasi jurusan.
  2. Pas photo terbaru 4×6 sebanyak 3 lembar, pas photo berwarna full body 1 lembar
  3. Surat Berkelakuan Baik, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan Surat Keterangan Belum Menikah.
  4. Sertifikat Bebas Narkoba, Surat Tidak Buta Warna, serta Surat Keterangan Sehat.

Tahap Wawancara

Calon pekerja biasanya akan dihadapkan dengan beberapa pertanyaan, baik tentang profil calon pekerja, maupun tentang perusahaan secara singkat.

Berikut daftar pertanyaan yang biasanya ditanyakan pada saat sesi wawancara :

  1. Perkenalkan diri, profil singkat, serta kesibukan saat ini.
  2. Jika calon pekerja pernah bekerja di sebuah perusahaan sebelumnya, biasanya akan ditanyakan tentang pekerjaan sebelumnya dan mengapa memutuskan untuk berhenti bekerja di perusahaan sebelumnya.
  3. Apa yang Anda ketahui tentang PT Pegadaian.
  4. Mengapa Anda tertarik dan ingin bekerja di PT Pegadaian.
  5. Sebutkan alasan mengapa PT Pegadaian harus menerima Anda.

Tes Psikotes

Calon pekerja akan mengerjakan beberapa psikotes, termasuk diantaranya tes kognitif dan tes kepribadian, yang diberikan untuk menuju tahap selanjutnya.

Tes Kesehatan

Adapun beberapa posisi membutuhkan ujian MCU (Pemeriksaan Medis) yang harus dijalani oleh calon pekerja di PT Pegadaian.

On The Job Training

Pada tahap terakhir, yaitu calon pekerja akan melaksanakan on the job training. Tahap ini hanya berlaku untuk posisi Management Development Program (MDP) dan Special Development Program for IT Talents (SPRINT).

Training ini bertujuan untuk melatih calon pekerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan akan didampingi langsung oleh atasan yang berpengalaman. Pada tahap ini, calon pekerja juga akan mendapat penilaian selama masa training berlangsung.

Untuk menjadi karyawan di PT Pegadaian, calon pekerja diharapkan dapat menyiapkan persyaratan rekrutmen yang dibutuhkan, serta siap dalam menjalani tahap-tahap dalam proses seleksi rekrutmen. Pastikan kelengkapan ini agar sukses melamar pekerjaan idaman.

Sumber : Pegadaian