Cara Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas Dofollow

Cara Mendapatkan Baclink Gratis Berkualitas Dofollow

Alternatifmu.com – Cara mendapatkan backlink berkualitas sangat mudah, namun sebelum melanjutkan pembahasan sebaiknya anda membaca terlebih dahulu tentang Dasar SEO guna memahami ap aitu backlink dan apa fungsinya.

Baclik bisa di dapatkan dari google, forum discusi, blog comment dan situs situs lain yang memiliki DA dan PA Yang tinggi.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Memberikan komentar di blog orang lain atau biasa disebut juga dengan blogwalking bisa menjadi Langkah anda untuk mendapatkan backlink, komentar yang dimaksud tentunya bukanlah komentar asal-asalan dengan cara spam link diblog orang lain.

Sebelum membubuhkan komentar ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar komentar anda dapat segera dimoderasi oleh pemilik blog antara lain sebagai berikut :

  1. Berkomentar di Blog yang memiliki DA dan PA Tinggi.
  2. Menyisipkan link halaman atau situs yang ingin dioptimasi.
  3. Meletakkan link tersebut di Anchor Text atau keyword  ditargetkan.
  4. Cari dan pilih Blog Dofollow untuk meletakkan komentar.
  5. Berkomentar yang sesuai dengan topik artikel.
  6. Berkomentar diplatform situs yang berbeda.

Komentar di Blog yang memiliki DA dan PA tinggi

Sebelum anda berkomentar sebaiknya pilihlah blog yang memiliki DA dan PA yang tinggi, hal ini bertujuan untuk mendorong kualitas blog yang anda di mata google dan untuk memiliki DA dan PA yang setara atau bahkan lebih tinggi dari competitor.

Menyisipkan link halaman atau situs yang ingin dioptimasi

Setelah anda mendapatkan blog yang memiliki DA dan PA yang tinggi selanjutnya anda bisa memberikan komentar di blog tersebut lalu pilih link dari blog anda untuk ditempelkan pada komentar diblog target.

Meletakkan link tersebut di Anchor Text atau keyword  ditargetkan

Link yang anda copy diatas jangan langsung di pastekan terbuka begitu saja dikolom komentar, tapi berilah anchor teks pada link tadi agar linknya tidak tampak terbuka.

Contoh artikel anda membahas tentang “Pantai Kuta” maka letakkanlah link artikel anda di keyword tersebut.

Berkomentar di Blog Dofollow

Pada dasarnya blog dofollow itu sama dengan blog-blog yang lainnya, yang membedakan adalah kekuatan backlink yang anda dapatkan.

Jika anda mendapatkan backling dofollow maka kenaikan peringkat blog anda dimata search engine akan melaju lebih kencang daripada jika anda mendapatkan backlink nofollow.

Umumnya setiap link yang masuk melalui komentar akan di atur default oleh blogger maupun wordpress sebagai backlink nofollow dengan kekuatan link yang kecil.

Dengan kekuatannya yang kecil bukan berarti lantas backlink nofollow ini tidak berguna, justru jika link seperti ini banyak anda dapatkan ranking situs anda di mata google juga akan naik perlahan tap pasti dengan sendirinya.

Berkomentar yang Sesuai dengan Topik Artikel

Untuk mendapatkan backlink dengan cara berkomentar ini syaratnya tentu komentar anda harus di approve oleh pemilik situs, jika tidak maka anda tidak akan mendapatkan backlink dari situs tersebut.

Nah, agar komentar anda segera di approve oleh pemilik situs baiknya komentar yang anda bubuhkan tidak hanya sekedar komentar apresiasi terhadap artikelnya saja seperti “Terima kasih kak artikelnya membantu banget”.

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang dibahas atau anda bisa juga menyertakan pertanyaan terkait artikel yang di posting, karena pemilik situs biasanya lebih menyukai komentar yang interaktif.

Berkomentar di Platform Situs yang Berbeda

Platform merupakan penyedia layanan, dalam dunia blogging ada berbagai macam platform yang banyak digunakan seperti blogger, wordpress, joomla dan lain-lain.

Sebaiknya anda membubuhkan komentar tidak hanya pada platform yang sama namun sebarlah komentar anda ke platform bloging yang lain secara merata.

Cara Mendapatkan Backlink dari Google

Untuk mendapatkan backlink dari google sebenarnya sangatlah mudah namun tidak semua blogger mengetahui hal ini.

Google memiliki banyak sekali produk layanan yang disana bisa disematkan link untuk tujuan mendapatkan backlink, contoh produk google seperti Blogger, youtube, google maps dan lain-lain.

Cara mendapatkan Backling dari YouTube

Untuk mendapatkan backlink dari youtube caranya sangatlah mudah, anda hanya perlu membuat akun di youtube dan mengupload sebuah video, baik vido tutorial atau video yang lainnya, isikan judul, tag dan deskripsi, dikolom deskripsi sisipkanlah link blog anda.

Mendapatkan Backlink dari Guest Post

Bagi para blogger mungkin cara ini adalah cara yang paling ribet, betapa tidak anda bisa saja memposting artikel yang anda buat untuk dipublish di blog anda sendiri justru ini malah di posting di blog orang lain.

Namun dibalik ribet dan kelihatan tidak ada manfaatnya untuk anda inilah letak keistimewaannya, dari guest post ini anda akan mendapatkan backlink dengan kekuatan yang super besar, karena google akan melihat bahwa backlink anda bukan berasal dari blog comment melainkan dari sebuah artikel.

Biasanya backlink yang berasal dari artikel berjenis dofollow, berbeda dengan backlink yang diperoleh dari komentar di blog orang lain yang berjenis nofollow.

Lagi-lagi peranan DA dan PA dalam guest post ini juga sangat menentukan kekuatan backlink anda, pilihlah situs dengan DA dan PA yang tinggi sebelum melakukan guest post.

Buatlah artikel yang sesuai dengan topik blog anda dan perhatikan jumlah kata artikel yang akan anda posting, setidaknya minimal anda harus membuat artikel dengan 500 kata dengan menyertakan link yang mengarah ke blog anda.

Semoga Bermanfaat