Cara Mempercepat Loading Website Yang Paling Dasar

cara mempercepat loading website

Alternatifmu.com – Cara mempercepat loading website, Terkendala dengan lambatnya pemuatan situs? Segeralah untuk memperbaikinya. Lalu, bagaimana cara mempercepat loading website tersebut?

Perlu diketahui bahwa kecepatan website sangatlah penting. Ini mempengaruhi pada peringkat. Begitu pula dengan pengalaman pengguna.

Ketika Anda gagal mewujudkannya, Anda akan kesulitan bersaing dengan pesaing. Resiko terparahnya, website tersebut akan terlempar dari halaman pencarian. Bahkan, tenggelam dan tidak dapat ditemukan lagi.

Pentingnya Kecepatan Situs

Mempraktikkan cara mempercepat loading blog harus disegerakan. Hal ini mengacu pada pengaruhnya terhadap situs. Pada dasarnya, pemuatan situs ini berpengaruh pada 3 faktor. Dan ini sangat penting bagi kelangsungan sebuah website.

Faktor yang pertama berhubungan dengan visibility situs. Maksudnya, website dapat pengguna temukan di halaman pencarian. Bahkan, dapat bersaing untuk memperebutkan peringkat teratas sebagaimana kebijakan Google.

Faktor kedua berkaitan dengan usability. Semakin baik performanya, pengguna internet akan lebih loyal.

Kemudian faktor ketiga berkaitan dengan konversi. Konversi ini sangatlah penting bagi pelaku bisnis. Pebisnis dapat meraih keuntungan dari tingginya konversi. Dan ini bisa pebisnis dapatkan ketika websitenya memiliki performa super cepat.

Baca Juga : Perbedaan Web Hosting Gratis Dengan Web Hosting Berbayar

Cara Meningkatkan Kecepatan Website

Mendapati lambatnya pemuatan website memang membuat frustasi. Pasalnya, kondisi ini menyebabkan rencana bisnis di internet berantakan.

Tidak mau mengalaminya, sudah semestinya Anda mencari solusinya. Di sini, Kami akan menunjukkan bagaimana cara mempercepat loading wordpress. Di antara cara yang paling utama adalah sebagai berikut.

Gunakan Jenis Hosting Terbaik

Jenis hosting sangat berpengaruh terhadap kecepatan. Oleh karenanya, Anda sebaiknya lebih selektif dalam memilihnya. Ada baiknya jika Anda memilih VPS atau Dedicated Server. Alasannya, jenis ini memungkinkan Anda untuk tidak berbagi fitur. Mulai dari RAM, CPU, hingga penyimpanan.

Maksimalkan CDN

Server menjadi tempat untuk memproses permintaan dari pengguna. Ketika lokasinya jauh dari pengguna, prosesnya akan memakan lama. Apalagi jika permintaannya cukup besar. Sebagai solusinya, menggunakan CDN sangatlah bijaksana. Dengan adanya CDN, pemrosesan akan dialihkan pada server terdekat. Makanya, distribusi konten ke seluruh pengguna akan lebih cepat.

Optimasi Ukuran Gambar

Alasan utama sebuah website melambat disebabkan oleh gambar yang tidak teroptimasi. Ini sudah menjadi masalah yang sering dihadapi pemilik situs. Resolusi gambar tinggi dengan ukuran berlebihan akan mengonsumsi bandwidth. Pada akhirnya, situs akan bermasalah.

Untuk cara mempercepat loading website ini, cukup dengan mengoptimasi gambar. Di antaranya dengan memilih format yang ringan, serta memastikan ukurannya tidak sampai 1MB. Contohnya ialah menggunakan format JPEG ketimbang PNG.

Kurangi Penggunaan Plugin

Banyaknya plugin dapat membebani kinerja website. Website akan dipaksa untuk memuat sumber yang cukup banyak. Pada akhirnya, waktu pemuatannya akan lebih lama.

Ada baiknya jika Anda selektif dalam menggunakan plugin. Caranya dengan menghapus plugin yang tidak diperlukan. Jika memang membutuhkannya, usahakan agar pluginnya berkualitas. Setidaknya, script dan styles dalam plugin tidak menghasilkan banyak kueri basis data.

Kurangi Redirect

Pengalihan website berdampak negatif pada website. Pasalnya, kondisi ini menambah pada permintaan HTTP. Di sini, Anda perlu menganalisa sejumlah pengalihan yang terdapat dalam situs. Usahakan untuk menghapus jenis redirect yang tidak diperlukan. Dengan cara demikian, kecepatan situs akan meningkat.

Gunakan Caching Website

Caching berfungsi untuk membuat halaman web tidak dirender berulang. Hal ini disebabkan file utamanya telah tersimpan. Ketika pengguna mengakses untuk kedua kalinya, halaman ini akan terbuka lebih cepat. Karena, halaman ini tidak lagi diminta dari server utama setiap waktu.

Sebelum Anda menerapkan cara mempercepat loading website ini, lakukan pemeriksaan terkait penyebab lambatnya pemuatan situs. Baru mulailah optimasi secara mendalam.