Cara Membuat Blog di WordPress Bagi Pemula Lengkap

cara membuat blog di wordpress terlengkap

Alternatifmu.com – Cara membuat blog di wordpress, Pada era digital misalnya ketika ini, portofolio dan track record digital sangat penting keberadaannya baik buat eksklusif juga buat mendukung kegiatan usaha. Website sebagai media yg paripurna buat menampilkan portofolio atau produk usaha. Nah, buat membentuk sebuah website ternyata nir semudah yg dibayangkan, sulit dan mebutuhkan proses yg panjang sekaligus porto  yg tidak sedikit. Anda mampu memanfaatkan wordpress buat memulai menciptakan website.

Cara yang paling efektif untuk menuangkan ide, gagasan atau pengetahuan kepada netizen salah satunya adalah melalui website. Bahkan saat ini website dapat digunakan untuk mendapatkan uang dari internet.

Saat ini Ada banyak pilihan platform yang dapat digunakan untuk membuat blog secara gratis. Salah satu platform yang paling popular adalah WordPress.

WordPress bis mensupport berbagai kriteria blog mulai dari personal blog, corporate site, portal berita bahkan toko online sekalipun.

Cara Membuat Blog di WordPress

Langkah-langkah yang wajib  Anda lakukan adalah sebagai berikut :

  • Buka id.wordpress.com
  • Masukan alamat web yang Anda inginkan, contohnya traveling.wordpress.com. Lalu klik “Buat Situs Web”.
  • Isikan  alamat email, user name, password, alamat website dan lain lain.

Alamat email : Tuliskan email anda

User name : Gunakan kombinasi huruf dan angka (contohnya: aroby10), ini nanti nya akan digunakan untuk login ke blog anda.

Password : Buat pasrword yang sulit ditebak namun mudah diingat.

Pastikan alamat blog : periksa ketersediaan alamat blog Anda, contohnya “traveling.wordpress.com”

Klik link “Gunakan alamat gratis”

Setelah seluruh kolom diisi, klik tombol “Buat Blog”.

  • Setelah itu Pihak WordPress akan mengirimkan email berupa link verifikasi. Buka emailnya dan klik tombol verifikasi.

Pengaturan di Blog WordPress

Setelah Anda melakukan langkah-langkah diatas. Pengaturan yang perlu anda lakukan berikutnya adalah tampilan website, fungsi dan berbagai pengaturan mendasar lainnya.

Tuliskan alamat url  website anda di browser untuk melihat tampilan halaman websitenya. atur menu dan sub menu website wordpress anda. Pengaturan yang krusial ditahap ini adalah pengaturan umum, menulis, membaca, diskusi. 

Berikut ini penjelasan singkat bagian bagian tersebut :

  • Umum : Anda bisa mengganti judul blog menggunakan judul yang sesuai dengan keinginan, dan juga menambahkan tagline untuk blog. Anda juga bisa menambahkan ikon untuk blog, dan mengganti format tanggal dan waktu blog.
  • Menulis : Anda bisa mengatur tulisan di blog anda, menentukan kategori dan size tulisan blog anda.
  • Membaca : Anda bisa mengatur postingan yang ditampilkan di halaman utama blog. Anda bisa membuat halaman statis atau dinamis. Anda bisa memilih jumlah artikel yang akan ditampilkan di halaman utama, dll. Abaikan saja Jika tidak ada settingan lain yang di inginkan dan biarkan settingan default.
  • Diskusi : Anda bisa mengatur cara orang lain berkomentar di blog Anda. Apabila Anda tidak menginginkan settingan lain, sebaiknya abaikan saja setingan default dalam halaman ini.

Banyak blogger yang menyatakan bahwa tahapan mengisi sebuah blog merupakan bagian terpenting dari memiliki sebuah website, lantaran sebagus apa pun website yang Anda buat apabila tidak memberi manfaat atau menarik pembaca untuk berkunjung, maka akan sia-sia saja.

Menerbitkan Artikel di WordPress

Setelah blog WordPress Anda sudah siap, kini   Anda bisa mencoba untuk menerbitkan artikel pertama Anda.

Langkah langkahnya sebagai berikut :

  • Buka Add New Atau juga bisa pilih New -> Post pada bagian atas toolbar. Kemudian akan muncul editor blog post dengan berbagai fitur yang yang dimilikinya.
  • Ketikan judul di kolom judul.
  • Lalu Tulis isi artikel anda di kolom bawahnya.

Dengan menggunakan opsi Toolbar anda juga bisa mengatur format teks dari konten anda. Toolbar ini sama dengan toolbar yang terdapat pada aplikasi editor teks lainnya seperti Microsoft Word.

Anda akan melihat meta box di sebelah kanan halaman, Tiap box tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Berikut penjelasan terkait fungsi meta box tersebut :

  • Publish : Anda bisa mengganti status dan visibilitas postingan. Anda juga bisa membuat jadwal, kapan artikel akan di posting. Klik tombol move to trash untuk menghapus postingan anda.
  • Categories : Anda bisa memilih kategori postingan secara lebih spesifik, Klik tombol +Add New Category untuk membuat kategori baru di website anda.
  • Tags : Fitur ini berfungsi untuk mengelompokkan postingan anda berdasarkan topik bahasan sekaligus menambahkan tag baru dengan cepat.
  • Feature Image : Anda bisa menambahkan gambar utama untuk postingan. Tools ini akan muncul pada isian artikel anda.

Cara Membuat Halaman di wordpress

Di WordPress ada halaman dengan tipe konten statis yang tidak terjadwal. Konten statis ini diantaranya seperti About Us dan Contact Us. Halaman ini tidak memiliki kategori dan tag. Untuk membuatnya pun relatif mudah.

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Di menu navigasi, klik “Pages” kemudian “Add New”. Lantaran Pages tidak memiliki categories dan tag, alternatifnya gunakan Page Attribute untuk mengurutkan halaman dan parent page. Fungsi Parent page adalah untuk menyatukan beberapa halaman yang berada di bawah parent page.

Upgrade WordPress Menjadi Website Profesional

Anda yang memang sudah mempunyai anggaran khusus untuk memasuki era digital, Anda perlu mengupgrade website Anda menjadi website profesional, dengan mengupgrade nya anda akan mendapatkan lebih banyak manfaat mulai dari kemudahan fungsi, tampilan, penggunaan domain dan hosting Anda sendiri sekaligus akan meningkatkan kepercayaan customer anda.

Menggunakan domain dan hosting gratis adalah hal yang wajar dan menjadi pilihan banyak orang. Tetapi apabila Anda ingin menggunakan website sebagai kebutuhan branding profesional jangka panjang, maka sebaiknya Anda mulai memikirkan anggaran untuk mengupgrade website Anda menjadi domain dan hosting TLD.

Membeli Domain

Anda bisa mengamankan nama merk atau bisnis Anda dengan cara membeli domain terlebih dahulu, ini menjadi krusial lantaran dalam dunia digital seperti saat ini berlaku aturan siapa cepat dia yang dapat.

Jadi ketika Anda mempunyai nama bisnis ABCDE dan Anda akan memulai online  jangan heran apabila nama bisnis Anda tadi telah dipakai oleh orang lain sebagai nama domain website mereka.

Karena pentingnya sebuah brand dalam ranah digital, maka akan lebih baik apabila Anda selalu menyiapkan langkah antisipasi untuk melakukan pembelian domain bagi usaha atau brand yang Anda miliki.  Jangan sampai competitor telah menggunakan brand anda dalam bisnis digitalnya.

Membeli Hosting

Untuk mendukung infrastruktur website bisnis Anda, maka Anda membutuhkan hosting. Analoginya ibarat jika domain adalah alamat rumah, maka hosting adalah rumahnya.

Fungsi hosting adalah untuk menyimpan semua data website anda mulai dari isi konten gambar dan banyak lagi yang lainya, oleh karena itu kemampuan hosting menjadi sangat penting. Jangan sampai salah dalam  membeli hosting, lantaran ini dapat memberi dampak buruk terhadap performa website Anda.

Baca Juga