Cara Membagi Partisi Hardisk Tanpa Aplikasi Efektif Efisien

Cara Membagi Partisi Hardisk Windows 10

Alternatifmu.com – Cara Membagi Partisi Hardisk, Hardisk merupakan Hardwara atau perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan semua data yang ada di laptop atau computer, bagi anda yang sering mengoperasikan computer tentu hal ini bukanlah sesuatu yang asing.

Ruang penyimpanan data ini dapat dibagi sesuai keinginan, Volume ruang penyimpanan bisa diatur berdasarkan kebutuhan. Fungsi pembagian ruang dalam hardis ini adalah untuk memudahkan system maupun user dalam mengoperasikan computer.

Pembagian ruang ini biasa juga disebut sebagai partisi hardisk, saat melakukan pertisi hardisk sebaiknya dilakukan dengan dengan hati-hati karena resikonya semua data yang tersimpan di dalam hardisk bisa saja hilang dan terhapus bila salah dalam melakukan treatment, jadi pastikan melakukan dengan cara yang benar.

Cara Membagi Partisi Windows 10

Jika anda pengguna windows 10 maka anda perlu mengikuti Langkah-langkah berikut ini :

  1. Buka Power User (WinKey + X) lalu pilih Disk Management.
  2. Pilih salah satu partisi yang ingin anda bagi dengan cara klik kanan dan pilih Shrink Volume.
  3. Masukkan jumlah kapasitas ruangan yang anda inginkan, missal anda ingin membuat partisi baru dengan volume 100 GB, Maka tuliskan 100000 (MB) lalu klik Shrink.
  4. Agar bisa langsung digunakan lanjutkan prosesnya dengan cara klik kanan kemudian pilih New Simple Volume.
  5. Ikuti wizard untuk menentukan jumlah volume, letter drive, dan pilih nama partisi biasanya Abjad dari A sampai Z ikuti hingga selesai, dan partisi anda sudah siap digunakan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Start Up Windows yang Berat

Cara Membagi Partisi Windwos 8

Partisi hardisk digunakan untuk memisahkan sistem operasi yang satu dengan sistem yang lain, jika anda pengguna windows 8 untuk membagi partisi silahkan ikuti Langkah-langkah berikut ini :

  1. Buka Power User kombinasikan dengan tombol (WinKey + X) kemudian pilih Disk Management.
  2. Pada daftar partisi yang muncul pilih partisi yang akan anda bagi dengan cara klik kanan kemudian pilih Shrink Volume.
  3. Tentukan besaran kapasitas partisi yang akan anda buat kemudian pilih Shrink.
  4. Kemudian akan muncul partisi baru yang berstatus Unallocated, artinya partisi ini belum bisa digunakan, agar dapat digunakan caranya klik kanan dan pilih New Simple Volume.
  5. Masukan besaran volume contoh 50 GB maka ketikan 50000 dalam stuan MB kemudian pilih Next.
  6. Pilih Assign the following drive letter lalu pilih nama berdasarkan huruf abjad kemudian klik Next.
  7. Agar pertisi bersih baiknya anda format terlebih dahulu partisi yang baru saja anda buat. Agar proses format berjalan dengan cepat anda bisa mencentang Perform a quick Format setelah itu klik Next.
  8. Berikutnya akan ditampilkan rekap setting yang anda lakukan sebelumnya, untuk menggantinya Klik Back dan jika sudah sesuai Klik Finish.
  9. Partisi baru anda sudah siap untuk digunakan.

Cara Membagai Partisi Windwos 7

Untuk membagi partisi bagi anda pengguna windows 7 silahkan ikuti Langkah-langkah dibawah ini :

  1. Buka menu Start kemudian Klik kanan My Computer Kemudian pilih Manage.
  2. Setelah muncul jendela Computer Management silahkan pilih Disk Managemen maka anda akan melihan daftar partisi yang anda miliki.
  3. Pilih partisi yang akan anda bagi menjadi partisi baru kemudian Klik kanan pilih Shrink Volume.
  4. Tentukan kapasitas volume yang anda inginkan, masukan angka dengan satuan MB, Pilih Nama sesuai abjad setelah selesai klik Shrink.
  5. Setelah proses tersebut partisi anda belum bisa digunakan, anda perlu menyelesaikan prosesnya dengan cara memformat partisi baru tersebut terlebih dahulu.
  6. Klik kanan Unallocated kemudian pilih New Simple Volume lalu setting  biarkan default kemudian Next tunggu sampai selesai.
  7. Saat berhasil status partisi akan berubah menjadi Primary atau Logical Drive. Dan partisi siap untuk digunakan.