Apa Itu Influencer Manfaat dan Jenisnya Untuk Bisnis Anda?

Apa itu influencer ?

Alternatifmu.com – Apa itu Influencer? Pernah mendengar kata influencer? Influencer adalah individu yang mempunyai pengaruh besar buat masyarakat, lantaran menciptakan suatu karya dan mereka umumnya sangat dikenal di masyarakat.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat di Indonesia, tentu banyak istilah istilah baru yang bermunculan dan salah satunya merupakan istilah mengenai influencer. Dan tidak sedikit dari mereka yang sukses dan mempunyai popularitas tinggi pada masyarakat. Hal inilah yang kemudian menjadikan banyak orang berlomba lomba untuk mencoba profesi yang satu ini.

Influencer yang dimaksud bisa berupa seseorang seniman, konten kreator, blogger atau youtuber dan menjadi profesi yang berhubungan erat dengan sosial media dan umumnya mempunyai jutaan pengikut di sosial media dan mempunyai pengaruh yang besar di masyarakat, sehingga acapkali menjadi pusat perhatian.

Dewasa ini pebisnis umumnya memakai jasa mereka untuk mempromosikan usahanya, dengan harapan agar perkembangan usahanya bisa berjalan lebih cepat.

Influencer mempunyai kemampuan untuk melakukan marketing atau promosi usaha, Saat ini terdapat beberapa jenis influencer yang berkembang di Indonesia dan semuanya mempunyai banyak perbedaan.

1. Influencer Mikro

Ciri-cirinya mempunyai pengikut sosial media maksimal 10 ribu. Kelebihannya adalah mempunyai keterikatan yang sangat kuat dengan para pengikutnya dan mempunyai audiens yang sangat spesifik, sehingga sangat relevan dengan niche atau topik tertentu. Influencer mikro bisa menghasilkan konten yang sesuai dengan para pengikutnya.

2. Influencer Makro

Ciri-cirinya mempunyai jumlah pengikut diatas 100 ribu dan umumnya mempunyai popularitas yang tinggi di masyarakat, meski belum setenar seniman. Dengan jumlah pengikut yang berlimpah, mereka sangat potensial untuk mempromosikan usaha atau bisnis. Dengan memakai jasa mereka, produk bisnis akan dievaluasi lebih eksklusif.

Baca Juga : Perbedaan Audio Mono dan Stereo

3. Influencer Premium

Influencer premium mempunyai ciri ciri jumlah follower sangat banyak, lantaran mampu mencapai jutaan pengikut di sosial media. Potensi mereka untuk mempromosikan produk atau jasa sangatlah besar, lantaran jangkauan pemasarannya sangatlah luas. Untuk memakai jasa influencer premium, maka pebisnis wajib  mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar.

4. Selebgram

Selebgram merupakan seorang yang menjadi selebriti di sosial media instagram. Selebgram bisa berasal dari masyarakat umum, biasanya yang mempunyai pengikut besar di instagram atau berasal dari seseorang artis yang memanfaatkan instagram untuk promosi produk atau jasa.

Instagram sebagai salah satu media umum yang mempunyai perkembangan sangat pesat, dan instagram mempunyai jumlah pengguna yang sangat besar.

5. YouTuber

YouTuber adalah seseorang yang membuat video dan menguploadnya melalui platform youtube. Tidak hanya untuk upload video, youtube juga sebagai media bisnis yang sangat besar.

Ketika anda ingin mempromosikan bisnis dengan cepat, maka anda bisa memakai jasa youtuber. Dengan jumlah subscriber yang besar, maka efektivitas youtuber sebagai media promosi sangatlah tinggi. Tetapi pastikan pula engagement berdasarkan video-video channel tersebut relatif tinggi, lantaran metrik angka subscriber semakin lama semakin kurang relevan.

6. Blogger

Blogger adalah seseorang yang memiliki suatu blog dan mengelola blognya secara konsisten. Blog tidak hanya bermanfaat untuk menyajikan informasi, tetapi blog juga dapat digunakan untuk melakukan review produk.

Para pemilik usaha bisa memakai jasa blogger untuk promosikan bisnisnya. Biaya memakai jasa blogger juga sangat terjangkau, apabila dibandingkan dengan menggunakan jasa selebgram atau youtuber.

Pada dasarnya influencer marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan yang bertujuan untuk menaikkan brand awareness, sehingga sasaran penjualan yang diinginkan bisa tercapai.