Apa itu Gen Z serta 6 Karakteristiknya

apa itu gen z serta karakteristik gen z dan alpha

Alternatifmu.com – Kali ini kita bakal bahas tentang apa itu gen Z atau generasi Z generasi Z yaitu penerus generasi milenial, Generasi Z adalah orang-orang yang lahir pada tahun 1995 sampai pertengahan 2010. dan jumlah generasi Z sampai saat ini sudah mencapai angka 68 juta jiwa atau dua kali lipat dari generasi milenial.

Sedangkan di seluruh dunia grafis udah mencapai 2,5 miliar jiwa, kalau generasi milenial hadir saat peralihan teknologi analog ke teknologi digital.

Generasi Z ini berbeda dengan generasi milenial, mereka lahir di tengah perkembangan teknologi yang sudah maju dan tumbuh dengan menikmati teknologi tersebut, makanya para ahli menyebutkan generasi Z ini sebagai generasi net.

Baca Juga : 8 Indikator Kesehatan Keuangan Pribadi

Karena perbedaan ini generasi Z Ini lebih unggul dan serba bisa dalam teknologi Selain itu generasi Z jauh lebih cakap dan awas terhadap teknologi. Sementara milenial rawan terkena efek negatif teknologi seperti hoax, karena tumbuh di zaman transisi teknologi.

Menurut pakar psikolog yang mendalami perkembangan generasi Jean M Twenge menyebutkan kalau generasi Z ini enggak bisa disamakan dengan generasi milenial. Kok gitu sih? karena generasi Z punya karakteristik yang berbeda. Nah seperti apa sih karakteristik generasi Z ini.

Karakteristik Gen Z

Pertama adalah digital native, generasi  Z lahir dalam situasi perkembangan teknologi dan tumbuh dengan dunia digital jadi dari kecil sudah terkoneksi secara digital.

Kedua generasi Z ini ambisius untuk mencapai kesuksesan, Sebab mereka tahu apa yang di mau, tumbuh dalam dunia digital memudahkan generasi Z untuk mengakses berbagai informasi termasuk tentang karir dan hidup.

Ketiga adalah serba instan, generasi Z jauh lebih instan daripada generasi milenial jadi generasi ini biasanya cenderung untuk mengesampingkan proses.

Keempat adalah generasi berjiwa bebas, tumbuh dalam keadaan bebas berpendapat melalui berbagai media bakal menyulitkan mereka untuk berada dalam dunia otoriter.

Kelima generasi Z ini adalah generasi yang positif, menurut Jean M Twenge  generasi Z ini jauh lebih sehat ketimbang generasi milenial, generasi Z Cenderung lebih optimis dan percaya diri.

Terakhir generasi Z adalah generasi yang kritis dalam berbagai hal, bahkan saking kritisnya generasi Z nggak gampang kena hoax, mereka terbiasa dengan berbagai informasi cepat dan tahu bagaimana memilih informasi yang benar, beda banget sama generasi milenial yang lebih gampang tersulut emosinya oleh berita hoax.

Walaupun begitu Bukan berarti generasi Z lebih baik daripada generasi milenial, setiap generasi di zamannya punya kelebihan masing-masing, makanya penting banget buat generasi milenial untuk berpikir positif dalam menanggapi berbagai hal di sosial media.