8 Indikator Kesehatan Keuangan Pribadi

8 indikator kesehatan keuangan pribadi

Alternatifmu.com – Sudah tau belum sebetulnya apa saja syarat-syarat kondisi keuangan kita yang sehat. Yuk kita periksa kondisi kesehatan keuangan kita. ┬áHari ini alternatifmu Mau mengajak kalian semua untuk mengevaluasi kondisi kesehatan keuangan kita secara umum, setelah kita periksa kondisi kesehatan keuangan, kita akan tahu hasil akhirnya terbagi menjadi empat :

  1. Tidak Sehat
  2.  Sehat
  3.  Mandiri
  4.  Terakhir nih yang paling bagus adalah tetap Sejahtera

Jadi bagaimana, Yuk kita mulai berita kesehatan kondisi keuangan, ada delapan indikator kalau menandakan keuangan kita itu bahkan sudah mencapai tetap sejahtera.

Dana Darurat

Kita mulai dari dana darurat, cek dana darurat itu penting banget apalagi di zaman pandemi seperti ini. Bicara tentang dana darurat setiap orang setiap rumah tangga sangat membutuhkan dana darurat.

Memang sih biasanya kita mulai dari tiga kali pengeluaran rutin bulanan, tetapi dengan kondisi khusus dan juga bahkan di masa krisis dan di masa pandemi kita upayakan yuk sampai dengan 12 kali pengeluaran rutin bulanan.

Memang sih rasanya bosan dan malas ya menyiapkan dana darurat tapi sebetulnya itu penting sekali untuk rumah tangga kita maupun kalau kita belum punya tanggungan.

Sesederhana dana darurat akan membantu kita kalau terjadi hal-hal seperti kehilangan pekerjaan kemudian kita masih punya tagihan lalu kondisi kesehatan tidak diganti oleh asuransi lalu berbagai alat yang biasa kita gunakan untuk kerja atau untuk pergi rusak lalu mungkin juga terjadi musibah-musibah tidak kita duga nah yang akan menyelamatkan kita adalah darurat ini.

Mampu Mengelola Hutang

Nah coba tanyakan pada diri masing-masing Bagaimana kemampuan kita dalam mengelola hutang, setiap saat dalam kehidupan kita barangkali Kita terpaksa dibantu pinjaman baik itu pinjaman berupa pinjaman kendaraan maupun pinjaman pinjaman yang lainnya.

Yang paling penting kita cek ada dua hal :

  1. Seberapa besar komposisi pinjaman kita terhadap semua aset yang kita miliki kalau sampai jumlahnya melebihi setengah Dari aset yang kita punya berarti bahaya.
  2. Kita juga lihat kalau sampai kita punya utang cicilannya seberapa banyak dari pemasukan kita, biasanya sih kalau sampai lebih dari sepertiga atau lebih dari 30% pemasukan kita Wah tanda-tandanya itu sakit. Jadi tahu dong mana ang harus dibenahi ya.

Mampu Mengendalikan Gaya Hidup

Coba tanya pada diri sendiri kira-kira nih setiap bulannya Apa saja sih yang membuat kita memutuskan mengeluarkan uang untuk apa gitu ya, misalnya kayak sekarang masa pandemi ada orang-orang yang mungkin tiba-tiba sekarang banyak mengeluarkan uang untuk membeli tanam-tanaman, hobi sepeda lipat dan lain-lain.

Sebenarnya itu kebutuhan atau keinginan sih? Nah itu ya memang harus diketahui dengan sendirinya untuk mengingatkan saja biaya hidup itu murah biaya pamer itu yang mahal, coba tanyakan pada diri masing-masing dan harus jujur.

Baca Juga : Management Resiko di Dunia Asuransi

Tahu Portfolio Keuangan Pribadi

Portfolio keuangan pribadi adalah suatu kumpulan aset-aset yang kita miliki jadi kita akan bisa tahu tuh dalam suatu waktu saya punya Tabungan berapa, Saya punya misalnya aset investasi di emas berapa, saya punya surat berharga negara ritel berapa, saya punya saham berapa lot, Saya punya Reksadana Berapa banyak dan seterusnya.

Kalau kita sudah tahu dan kita terus terus mengevaluasi portfolio keuangan kita, Artinya kita kondisinya sehat tuh, karena artinya Kita paham betul semua aset investasi yang kita miliki Dan kita Paham bagaimana cara mengelolanya.

Jadi kalau kondisinya tiba-tiba pasar saham lagi anjlok nih, kita tidak khawatir lagi karena kita tahu persis bahwa kita juga punya aset-aset investasi dalam bentuk yang lainnya.

Punya Rumah Tinggal

Enggak usah rumah mewah nggak papa kok, tetapi yang penting kita punya rumah tinggal. Jadi ceritanya gini pada saat kita memiliki rumah tinggal sendiri, Meskipun mungkin tidak kita tempati karena barangkali dengan pekerjaan kita tinggal di kota-kota yang berbeda tapi dengan memiliki rumah tinggal, Artinya kita memiliki suatu aset untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia.

Artinya kita tidak tergantung dengan orang lain, sedangkan kalau kita memang masih belum punya rumah tinggal sendiri dengan kata lain kita harus tinggal di rumah orang lain baik itu dengan cara mungkin menumpang orangtua atau mungkin mengontrak atau menyewa.

Punya Dana Pendidikan

Kalau udah punya anak pastikan dong kita juga merencanakan dana pendidikan Mereka jangan sampai dana pendidikannya malah tidak disiapkan.

Kalau misalnya anaknya satu berarti disiapkan sampai kuliah, anak ke-2 tetap sampai kuliah juga, anaknya ke-3 ya Iya juga. Itu sebabnya sedini mungkin kita mempersiapkan dana pendidikan untuk anak-anak kita.

Punya Dana Hari Tua

Yang namanya dana hari tua itu mungkin banyak orang yang bilang Aa aku kan usianya masih 20an Buat apa kita mempersiapkan dana hari tua masih lama banget, before you know it tiba-tiba kita mencapai usia 30 before you know it lagi 40 tiba-tiba jreeng besok kita pension.

Secepat mungkin sedini mungkin kita memiliki dana hari tua itu akan semakin baik untuk keuangan kita, dan artinya kita semakin dekat mencapai kondisi yang namanya Tetap Sejahtera, jadi pastikan temen-temen semuanya punya dana hari tua untuk diri kita sendiri.

Punya Proteksi Keuangan

Proteksi keuangan gunanya apa sih? sebetulnya itu bukan tabungan juga bukan investasi tetapi gunanya untuk memproteksi bilamana keuangan kita berpotensi bermasalah karena terjadi resiko-resiko dalam kehidupan.

Biasanya nih resiko kehidupan seperti tutup usia terlalu dini di masa produktif atau misalnya sakit di masa produktif nah hal-hal seperti itu akan dibantu dengan adanya asuransi jiwa dan asuransi kesehatan dalam hal asuransi jiwa jenisnya juga banyak.

Pastikan juga bahwa semua keluarga kita terlindungi dengan asuransi Kesehatan, karena bagaimanapun dari mulai bayi bisa sakit sedangkan kalau kita punya asuransi kesehatan maka dampaknya terhadap keuangan kita bilamana salah satu anggota keluarga tidak akan terlalu besar.

Nah itu dia delapan indikator kesehatan keuangan untuk pribadi kita masing-masing kalau sudah berkeluarga ya dicegah berdua dong bersama pasangan. Kalau ke-8 nya sudah semua artinya keuangan kita sudah dalam kondisi tetap Sejahtera Amin.

Kalau misalnya belum Gak usah berkecil hati dari mulai tidak sehat kita pelan-pelan jadikan sehat kemudian nanti lama-lama menjadi Mandiri tapi tujuan utama kita adalah tetap Sejahtera.