8 Cara Menjadi Youtuber Sukses Berpenghasilan Wow

8 cara menjadi youtuber sukses

Alternatifmu.com – Cara menjadi youtuber, Saat ini Ketika seorang anak kecil ditanya apa cita-citamu? Mereka akan menjawab jadi youtuber, berbeda 180 derajat dengan beberapa decade yang lalu dengan pertanyaan yang sama anak anak akan menjawab cita-citanya ingin menjadi dokter, ingin jadi guru dan lain-lain.

Hal ini juga menggambarkan adanya pergeseran mindset yang terjadi ditengah-tengah masyarakat kita dewasa ini, pergeseran ini memiliki nilai positif dan negatifnya masing-masing.

Dalam hal ini cita-cita diatas bukanlah cita-cita yang buruk jika dilihat dari kacamata prospek kedepan jika dibandingkan dengan profesi-profesi formal lainnya, profesi youtuber ini jauh lebih dinamis untuk dijadikan sebagai sebuah karir utama.

Saat ini ada begitu banyak youtuber-youtuber baru bermunculan, ini menandakan adanya persaingan yang luar biasa ketat untuk berkarir dan sukses di youtube, sayangnya tidak semua youtuber bisa sukses disini.

Dari sisi lahirnya ada 2 macam youtuber :

  1. Youtuber yang sudah memiliki basis masa yang besar sebelum memasuki dunia youtube, mereka biasanya adalah dari kalangan artis, selebgram, atau tokoh masyarakat.
  2. Youtuber biasa yang berasal dari masyarakat biasa yang tidak memiliki masa atau koneksi sedikitpun.

Jika anda baru memulai karir di youtube dan berasal dari tipe kedua, maka pembahasan dalam artikel ini akan cocok untuk anda. Dalam artikel ini saya akan mengulas bagaimana cara menjadikan chanel baru dengan nol subscriber merangkak naik menjadi youtuber yang sukses.

Cara Menjadi Youtuber Sukses

1.    Membuat Video Yang Berkualitas

Membuat konten yang berkualitas cakupannya cukup luas sebagai berikut :

  • Menentukan Niche Chanel (Vlog, Gaming, Tutorial, Otomotif, Bisnis dll) ini akan membantu chanel anda untuk mudah di ingat oleh viewers.
  • Buatlah video dengan resolusi minimal HD 1080 x 720 px, video dengan durasi di bawah dari itu biasanya kurang disukai penonton karena buram dan banyak nois, saat ini tidak hanya kamera yang bisa digunakan untuk take video dengan resolusi HD bahkan Smartphone pun sudah support untuk itu, jadi tidak ada alasan resolusi videonya jelek.
  • Buatlah video dengan Audio yang jelas apalagi jika konten anda nanti akan disisipi backsound maka vocal dari creatornya harus jelas, untuk mendapatkan suara yang bagus anda bisa menggunakan mic eksternal saat shuting.
  • Sinkronisasi antara Audio dan visual, pastikan setiap apa yang anda ucapkan sinkron dengan footage video yang di shut.

2.    Konsistensi Membuat Konten

Salah satu kunci kesuksesan dimanapun itu adalah konsisten, dalam hal ini untuk menjadi youtuber yang sukses anda perlu konsisten dalam beberapa hal :

  • Konsisten dengan Niche chanel atau topik bahasan chanel anda.
  • Konsisten upload video yang berkualitas.

Poin penting yang perlu anda garis bawahi adalah pertahankan kualitas video anda seperti di point pertama, atur jadwal upload video, contoh seminggu 1 video atau 3 video perminggunya. Buatlah target berapa video yang harus anda buat dan upload dalam satu bulan, misalnya 15 video perbulan dll.

Kenapa jadwal upload itu penting? Apabila kalaian telah memiliki subscriber dan penonton yang setia, mereka akan selalu menunggu kapan anda akan mengupload video selanjunya, jika anda memberi jadwal hari apa dan jam berapa video baru di chanel anda akan di upload maka mereka akan dengan setia mengecek dan berkunjung ke chanel anda.

3.    Jadilah Diri Sendiri

Jika anda memperhatikan chanel chanel yotuber yang sukses mereka memiliki ciri khas nya masing-masing, oleh karena itu penting bagi anda untuk membuat ciri khas sendiri di chanel anda sehingga chanel anda menjadi unik.

Anda tidak perlu menjadi orang lain meniru gaya bicara mereka, mengikuti style editing mereka dan lain-lain, karena keunikan dari sebuah chanel justru akan memudahkan penoton untuk mengenali bahwa ini adalah chanel anda, bahkan Ketika mereka menutup mata sekalipun mereka akan faham bahwa itu adalah anda, jangan lupakan Asshiapp yang menjadi ciri khasnya chanel Atta Halilintar.

4.    Jalin Interaksi dan Komunikasi dengan Penonton

Pernah tidak anda menonton youtube sambal scroll komentar di bawah video dan menemukan komentar yang lucu-lucu dan menggekitik, contohnya “kalo komentar ini di balas aku langsung jungkir balik”? itu menandakan bahwa ada banyak penonton anda yang ingin sekali berinteraksi dengan anda.

Berinteraksi dan berkomunikasilah dengan penonton dan subscriber anda, dengan berinteraksi akan membuat penonton semakin menyukai anda, jika mereka menyukai anda maka mereka akan dengan setia menonton video-video anda yang lainnya.

Bentuk komunikasi dan interaksi bisa anda sesuaikan contohnya seperti dengan membalas komentar mereka, menjawab pertanyaan mereka, membuat konten dengan topik yang mereka request, mengajak untuk memfollow akun media sosial anda dll.

Baca Juga : Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

5.    Kolaborasi Dengan Youtuber Lain

Salah satu cara untuk membesarkan chanel youtube anda adalah dengan cara berkolaborasi dengan youtuber lain, dalam hal ini bentuk kolaborasinya dengan membuat video Bersama-sama dengan membahas topik yang relevan.

Untuk melakukan kolaborasi ini tidak harus dengan youtuber yang memiliki niche chanel yang sama, bisa juga anda berkolaborasi dengan youtuber dengan niche chanel yang berbeda namun yang terpentung anda juga harus memiliki sedikit pengetahuan dan ketertarikan dengan topik yang akan dikolaborasikan.

Bentuk kolaborasi bisa dalam bentuk :

  • Membuat 2 buah konten video Bersama satu di upload di chanel anda dan yang satunya lagi di chanel partner anda.
  • Saling mempromosikan chanel masing-masing tujuannya untuk mendapatkan subscriber dari chanel youtube partner anda begitu juga sebaliknya.

6.    Buat Konten Yang Membahas Topik yang sedang Trend

Dengan membahas topik bahasan yang sedang ramai dibicaran orang lain akan berdampak pada meledaknya view video anda, hal ini juga biasanya akan mendorong orang-orang tersebut untuk subscribe ke chanel anda.

7.    Patuhi Peraturan Youtube

Sebelum anda membuat konten dan melakukan sesuatu pada chanel anda, ada baiknya untuk membaca terlebih dahulu peraturan-peraturan yang diterapkan oleh youtube untuk content creator.

Saat ini ada banyak sekali jasa-jasa yang tampak menggiurkan untuk menambah data statistic chanel youtube seperti jasa tambah view, jasa tambah subscriber dll.

Jumlah subscriber dan view memang berpengaruh besar terhadap kesuksesan seorang konten creator di platform ini, namun yang perlu diketahui adalah menambah subscriber dan juga viewer yang tidak natural akan berdampak buruk pada chanel youtube anda.

Lagi pula Subscriber dan viewer yang disediakan oleh penyedia jasa ini bukanlah organic melainkan manipulasi, artinya akan sia-sia saja melakukan hal ini karena tidak akan menambah kepopuleran chanel anda justru anda akan berpotensi untuk di bannet oleh youtube.

8.    Mendapatkan Penghasilan dari Youtube

Umumnya penghasilan youtuber terbesar diperoleh melalui Adsense, nah untuk bisa mendaftarkan chanel anda ke google adsense anda harus memenuhi beberapa persyaratan diantaranya :

  • Memiliki 1.000 Subscriber dan 4.000 Jam tayang.
  • Tidak ada pelanggaran pedoman komunitas yang anda langar.

Ketika anda telah memenuhi syarat dan diterima oleh google adsense maka chanel anda akan di sisipi iklan dan dari sanalah anda akan mendapatkan penghasilan.

Besar kecilnya penghasilan yang anda peroleh biasanya berdasarkan jumlah view video anda dibandingkan dengan jumlah iklan yang tayang di chanel anda, semakin banyak iklan yang tayang dan di klik oleh penonton semakin besar pula pundi-pundi penghasilan yang akan anda dapatkan.