5 Cara Mempercepat Loading Blog Blogger Lengkap

Cara Mempercepat Loading Blog

Alternatifmu.com – Cara Mempercepat Loading Blog, Kecepatan loading akses sebuah blog atau website merupakan salah satu indicator keberhasilan seorang blogger dalam membangun blonya. Kok bisa? Ya, saat ini mayoritas pembaca di internet enggan untuk membuka sebuah blog dengan loading akses yang lemot, hal senada ternyata juga terjadi pada mesin pencarian seperti google, lemotnya loading blog bahkan berdampak terhadap indexing kontennya di mesin pencari.

Dalam kesempatan kali ini saya akan mengulas solusi untuk bagaimana mempercepat loading blog, Sebelum ke pembahasan utamanya kita perlu mengidentifikasi apa sebenarnya penyebab lemotnya loading sebuah blog. Dengan demikian kita bisa mengambil sebuah Tindakan yang perlu dilakukan untuk memperbaiki permasalahan tersebut.

Cara Mengukur Kecepatan Loading Blog

Sebelum melakukan optimasi, penting untuk mengetahui seberapa cepat loading blog anda saat ini, ada beberapa tools rekomendasi yang bisa digunakan untuk mengetes kecepatan loading sebuah website, selain mengetahui kecepatan sebuah website tools ini juga akan memberikan diagnose pemasalahan apa saja yang menjadikan website anda menjadi lemot.

Berikut beberapa tools tersebut :

  • Google PageSpeed Insights
  • Google Test My Site
  • GTMetrix
  • Pingdom Tools
  • WebPage Test

Untuk mengetahui kecepatan blog versi Desktop maupun seluler tools Google PageSpeed Insights adalah yang terbaik. Sebab, selain menampilkan skor kecepatan loading blog Google PageSpeed juga memberi saran-saran untuk melakukan perbaikan kecepatan loading blog anda.

Ketika anda sudah melakukan saran-saran perbaikan yang ditunjukan tools ini biasanya skor performa website anda juga akan mengalami kenaikan.

Penggunaan Tools Google PageSpeed Insights juga sangat mudah. Anda hanya perlu Kunjungi website Google PageSpeed Insights, masukan alamat blog Anda, dan klik Analisis.

Skor pengecekan kecepatan loading blog berada di kisaran 1 sampai 100, semakin tinggi skor sebuah website semakin cepat pula loading website tersebut.

Baca Juga : Cara Mempercepat Loading Website

Dampak Negatif Loading Blog Lambat

Berikut ini adalah dampak-dampak Negatif yang akan anda terima Jika loading blog anda lemot :

1. Traffick Menurun

Pengunjung atau visitor blog anda akan mengalami penurunan yang signifikan dari waktu kewaktu, hal ini dikarenakan pembaca enggan untuk menunggu lama dengan konten yang mereka cari di blog anda, dan lebih parahnya lagi mereka tidak akan pernah lagi berkunjung ke blog anda.

Dampak negatif yang akan anda alami adalah penurunan jumlah trafik yang masuk kedalam blog, hal ini dikarenakan loading blog yang lambat tentu akan membuat pengunjung menjadi malas menunggu, dan akhirnya tidak lagi mau mengunjungi blog anda. 

2. Mengurangi Pendapatan

Bukan sekedar traffic saja yang menurun, pendapatan anda dari blog juga akan berkurang sejalan dengan berkurangnya impresi iklan di blog anda.

3. Berdampak Buruk Untuk SEO

Kecepatan loading sebuah website adalah salah satu indikator yang digunakan oleh google untuk merangking sebuah blog. Lemotnya loading sebuah  blog, lambat laun  akan berdampak pada pergeseran peringkat anda di mata search engine.

Lemotnya loading blog berdampak buruk terhadap 3 hal diatas, Ketika blog anda memiliki kecepatan loading yang bagus maka dampaknya adalah kebalikan dari 3 hal yang sudah saya jelaskan diatas.

Cara Mempercepat Loading Blogspot

Jika skor kecepatan loading blog anda dinyatakan sudah cukup bagus oleh Tools yang kami sebutkan maka anda tidak perlu melakukan Langkah-langkah optimasi yang saya jelaskan dalam artikel ini.

Namun jika anda masih kurang puas dengan skor yang anda dapatkan dari tools diatas maka tidak ada salahnya untuk mencoba trik-trik berikut ini.

1. Gunakan Template atau Theme yang Ringan

Pengaplikasian template atau theme blog memiliki pengaruh yang besar terhadap kecepatan loading sebuah halaman website, apalagi jika website anda menggunakan banyak widget, gambar slide, dan juga video.

Ada banyak penyedia theme atau template dengan tampilan yang simple dan tidak membingungkan salah satunya adalah GeneratePress. Penggunaan template yang simple akan meringankan beban crawling halaman di blog anda dengan begitu dampaknya adalah loading yang cepat.

Ada baiknya anda melakukan investasi dengan membeli template yang responsive dan ringan, untuk mendapatkan template premium anda bisa mencoba template yang tersedia di themeforest.

2. Lakukan Optimasi Gambar

Salah satu factor lambatnya loading blog adalah besarnya resolusi gambar yang digunakan, solusinya anda bisa melakukan Resize gambar, anda bisa menggunakan aplikasi Paint yang biasanya sudah terinstal di laptop anda.

Selain resize gambar anda juga bisa mengakalinya dengan menggunakan gambar dengan format JPEG di setiap postingan anda, Format tersebut ukurannya jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan gambar berformat PNG.

3. Nonaktifkan Plugins dan Widget yang tidak Penting

Fungsi plugin dan widget adalah untuk mempermudah optimasi blog dari segi tampilan dan lain-lain, namun perlu diketahui bahwa penggunaan plugin dan widget yang berlebihan di dalam sebuah website justru bisa memberatkan loading blog.

Oleh karena itu sebaiknya anda mononaktifkan plugin dan widget yang tidak terlalu penting dan berpengaruh terhadap kinerja blog dalam kaitanya untuk mendapatkan trafik.

Gunakan plugin dan widget seperlunya saja semakin simple tampilan sebuah website akan semakin ringan pula loadingnya dan semakin bagus pula di mata para pembaca anda.

4. Mengaktifkan Caching

Fungsi dari caching adalah untuk menyimpan sementara halaman sebuah website di browser, dengan begitu browser tidak perlu meminta data dari halaman yang pernah diakses secara terus menerus.

Dengan mengaktifkan Caching akan mempercepat loading website anda, kecuali jika anda telah menghapus cache dan membersihkannya dari aplikasi browser anda, dengan begitu browser anda harus meminta data ulang ke halaman yang akan anda akses.

Untuk mengaktifkan cache di website anda caranya sangat mudah, anda bisa menggunakan plugin seperti LiteSpeed Cache.

5. Update WordPress Secara Berkala

Penggunaan WordPress versi lama juga menjadi salah satu penyebab lambatnya loading sebuah blog, untuk mempercepat loading blog anda perlu melakukan update secara berkala, karena biasanya semakin tinggi dan terbaru versi yang anda gunakan akan semakin compatible dengan dengan keinginan pembaca.