15 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Paling Efektif

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Alternatifmu.com – Cara Meningkatkan Pengunjung Blog, Memiliki pengunjung blog yang banyak merupakan impian setiap blogger, terlepas apapun tujuan blognya pasti mengharapkan blognya ramai dikunjungi pembaca, bahkan mereka yang ngeblog hanya untuk iseng-iseng sekalipun.

Terlebih lagi bagi mereka yang tujuannya agar mendapatkan uang dari blog, pengunjung blog adalah hal yang wajib dan mesti diusahakan, karena semakin banyak yang berkunjung ke halaman blog semakin besar pula uang yang akan didapatkan.

Namun faktanya tidak semua blog memiliki pengunjung yang besar, hal ini disebabkan oleh banyak factor, lalu bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog?

Kenapa Blog Sepi Pengunjung?

Sebelum ke inti topik bahasan ada baiknya untuk mengetahui factor apa saja sebenarnya yang membuat sebuah blog sepi pengunjung.

Berikut beberapa factor penyebabnya :

Pendatang Baru di Blog

Membuat blog adalah hal yang mudah untuk dilakukan semua orang, namun untuk menjadikannya populer sampai memiliki banyak pengunjung bukanlah hal yang mudah.

Bagi pendatang baru jika blognya masih sepi pengunjung itu merupakan hal wajar dan tidak perlu mengkhawatirkan hal itu karena semuanya butuh proses dan waktu.

Namun jika sudah ngeblog dalam waktu yang lama namun pengunjung masih tetap segitu segitu aja berarti ada yang salah dengan cara ngeblognya.

Mengira Pengunjung Datang dengan Sendirinya

Banyak orang yang salah persepsi tentang hal ini, kebanyakan orang menganggap bahwa dengan rajin update konten akan mampu mendatangkan banyak pengunjung, namun kenyataanya berbeda.

Sebenarnya persepsi diatas tidak sepenuhnya salah, hanya sedikit kurang tepat dan menyesatkan, untuk 10 tahun lalu hal ini mungkin masih efektif karena belum banyak blogger seperti saat ini.

Namun situasi dan kondisi persaingan saat ini sangat berbeda, update konten dengan teratur saja tidak akan cukup untuk meningkatkan ranking di search engine, masih banyak hal lain yang harus dilakukan seperti melakukan SEO (Search Engine Optimization) dan melakukan Promosi Konten.

Konten Asal-Asalan

Untuk mendapatkan pengunjung yang banyak tidak bisa dilakukan dengan konten yang biasa-biasa saja, Anda harus membuat konten yang berkualitas.

Terlebih jika topik bahasan blog anda sudah ramai dibahas blog lain artinya anda memiliki pesaing yang banyak dan kuat secara ranking di google, jika konten anda tidak berkualitas maka konten anda akan tenggelam dalam persaingan dan bahkan tidak akan pernah dikunjungi pembaca.

Menganggap semua blog sama

Anggapan bahwa semuablog itu sama adalah anggapan yang salah kaprah, setiap blog dibuat dengan tujuan yang berbeda-beda baik dari sisi topik, target pengunjung sampai pada goalsnya.

Oleh karenanya perbedaan ini akan sangat menentukan bagaimana strategi promosinya, cara mana yang efektif untuk mewujudkan tujuannya, terkadang blog yang satu dengan blog yang lainnya membutuhkan perlakuan yang berbeda pula.

Jika tujuan anda adalah untuk mendapatkan pengunjung sebanyak-banyaknya, maka anda perlu memahami dan mempelajari strategi mana yang cocok untuk blog anda.

Masalah Lain

Selain masalah diatas ada beberapa hal lain yang bisa menjadi penyebab blog sepi pengunjung, seperti masalah teknis penggunaan desain blog yang tidak tepat dan loading yang super lambat.

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan pengunjung blog anda :

1. SEO (Search Engine Optimization)

Melakukan optimasi pada mesin pencarai seperti google, bing, Yandex dan lain-lain merupakan cara yang paling popular dan wajib bagi seorang blogger.

Perlu diketahui bahwa sumber trafik terbesar adalah melalui mesin pencari yang ada di internet, SEO ini sangat cocok diterapkan dalam semua jenis blog, baik itu blog berita, bisnis, blog gado-gado, blog micro nice bahkan blog personal sekalipun.

Karena itu SEO sangat penting untuk dipelajari, untuk memahami dan mempelajarinya juga tidak mudah, karena algoritma mesin pencari selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu, karena itu untuk memahami SEO Butuh kesabaran, ketekunan serta semangat pantang menyerah.

Namun untuk mendapatkan banyak pengunjung anda tidak harus menjadi ahli SEO, karena hanya dengan menerapkan tehnik SEO dasar saja sudah bisa membantu anda mendapatkan banyak pengunjung blog di mesin pencari.

Salah satu tehnik SEO Dasar yang perlu anda terapkan sebelum membuat konten adalah melakukan riset kata kunci atau keyword dan membuat postingan yang disukai oleh google.

2. Promosi melalui Media Sosial

Media sosial merupan salah satu sumber trafik terbesar kedua setelah search engine, namun tidak semua blogger berhasil menggunakan cara ini, ini dikarenakan mereka melakukan share link dengan cara yang salah.

Seperti halnya SEO, promosi melalui media sosial juga ada trik dan ilmunya, tidak asal nyebar link kemudian pengunjung berbondong-bondong datang mengunjungi blog anda.

Dalam artikel ini saya tidak akan menjelaskan secara detail tentang cara promosi di media sosial yang efektif, namun ada beberapa hal penting yang perlu anda ketahui sebelum berpromosi melalui media sosial.

Aktif di satu media sosial saja

Fokuslah pada satu media sosial yang paling sesuai dengan target pengunjung blog anda sekaligus yang paling anda sukai dan kuasai, contoh jika pengunjung lebih banyak berasal dari facebook maka aktiflah di facebook.

Gunakan Media Sosial Sesuai Fungsinya

Memanfaatkan media sosial untuk memprosikan blog secara membabi buta tidak akan efektif untuk menarik pengunjung, jadi gunakanlah media sosial untuk membagun interaksi dengan aktivitas sosial.

Bangun Pembaca Baru Promosi

Sebelum melakukan promosi lakukanlah interaksi dengan followers atau teman anda, perbanyak teman juga followers.

3. Blog Walking (Berkomentar di blog orang lain)

Memberikan komentar di blog orang lain merupakan cara yang sangat klasik digunakan untuk mendapatkan pengunjung blog, dan hampir semua blogger pernah melakukannya.

Cara ini memang tidak langsung instan meningkan pengunjung, namun car aini sangat efektif terlebih bagi blogger pemula.

Baca Juga : Perbedaan Blog dan Website Lengkap dengan Contohnya

4. Bagi bagi Gratisan

Cara ini sangat efektif untuk meningkatkan pengunjung blog, semua orang menyukai hal-hal yang gratis, termasuk saya.

Ada banyak hal yang bisa dibagikan secara gratis untuk para pengunjung blog seperti, software, ebook, video, audio, foto, design gambar dan lain-lain.

5. Peduli dengan pengunjung

Bentuk kepedulian dengan pengunjung ada bermacam-macam, bisa dengan membalas komentar, membalas email, berbagi file-file gratis seperti point 4 dan masih banyak lagi.

Berbagi tidak harus selalu dalam jumlah besar dan banyak, sekecil apapun kepedulian anda kepada pengunjung bukan tidak mungkin bisa menjadi gerbang untuk ribuan pengunjung lainnya.

6. Menulis di blog orang lain

Mungkin anda akan bertanya kenapa harus nulis diblog orang lain kalau bisa nulis diblog sendiri? Bagi blog anda yang masih baru tidak peduli seberapa bagus konten anda seberapa menarik tulisan anda, jika blog anda masih baru kemungkinan blog anda dibaca sangatlah kecil.

Jika anda menulis konten yang berkualitas diblog orang lain yang sudah memiliki banyak pengunjung, anda akan bisa menarik pengunjung blog tersebut untuk berkunjung ke blog anda yang masih baru.

Cara ini biasa juga disebut guest posting, car aini sangat efektif untuk meningkatkan pengunjung karena selain untuk menjaring pembaca strategi ini juga bisa digunakan untuk mendapatkan backlink gratis.

7. Aktif di Forum

Pilih forum yang sesuai dengan topik yang sedang anda bahas, buatlah thread yang sesuai dengan konten, jawablah semua pertanyaan yang ditanyakan pembaca di forum, car aini sangat efektif dilakukan untuk menjaring pengunjung.

8. Aktif di Situs Tanya Jawab

Ada beberapa situs tanya jawab yang cukup popular seperti Qoura, Answer.com, Yahoo Answer dan lain-lain. Sebenarnya situs ini tidak ada bedanya dengan forum.

Anda bisa bertanya atau menjawab pertanyaan dalam situs tersebut dan jika diperlukan anda bisa mencantumkan alamat blog anda.

9. Submit Konten di Situs Social Bookmarking

Situs bookmarking ini biasanya digunakan para blogger untuk mendapatkan backlink gratis, namun ternyata situs-situs tersebut juga bisa menjadi sumber trafik.

Ada begitu banyak blogger yang mengandalkan situs-situs ini sebagai media untuk menjaring ribuan pembaca setiap harinya.

10. MengUpload video ke Youtube

Salah satu cara untuk mendatangkan pengunjung blog yang efektif adalah dengan cara mengupload konten yang sesuai dengan topik blog anda ke youtube.

Seperti diketahui youtube merupakan salah satu situs paling papuler dan paling banyak dikunjungi setelah google dan facebook.

11. Membuat Judul Yang Menarik

Judul artikel merupakan bagian pertama yang akan dibaca pengunjung, jika judulnya saja tidak menarik apalagi isinya, begitu anggapan orang.

Jadi sebelum pembaca pergi cobalah untuk membuat pembaca penasaran dengan memberikan judul yang unik dan menarik.

12. Buat Konten yang Sedang Viral

Untuk mengetahui topi kapa saja yang sedang viral anda bisa menggunakan tools Google Trends.

13. Buat Konten Kontroversial

Cara ini cukup beresiko, karena itu anda perlu memahami dengan sungguh-sungguh apa yang anda tulis dan harus siap dengan efek negatifnya.

Walaupun demikian cara ini sangat efektif untuk mendatangkan pengunjung ke blog anda.

14. Memasang iklan

Sepertinya car aini hanya cocok buat anda yang memiliki budget promosi yang cukup, anda bisa mengiklankan konten anda melalui Google Adwords atau Google Ads.

15. Beriklan di Blog Orang Lain

Sebelum beriklan dan menentukan di situs mana iklan akan ditayangkan, pastikan anda memilih situs yang tepat dengan nice yang serupa dengan blog anda.