Tips Merawat Luka Agar Terhindar Dari Infeksi

merawat luka

Kulit merupakan organ tubuh yang terbesar, dan saat terluka gores, reaksi biokimia yang rumit langsung bekerja untuk menyembuhkan luka gores. Merawat luka gores dengan bahan alami, seperti antiseptik dan salep herbal, dapat mendukung proses penyembuhan tubuh, sehingga membantu kulit cepat sembuh dengan jaringan parut minimal.

Pelajari cara alami membersihkan, membalut, dan menyembuhkan luka gores. Membersihkan Luka gores, Tentukan kedalaman luka gores. Periksa luka gores untuk menentukan apakah dapat dirawat di rumah atau harus mencari bantuan medis. Pergilah ke rumah sakit agar dapat ditangani oleh ahli medis jika luka gores dalam atau parah, karena mungkin perlu dijahit agar dapat sembuh dengan benar.

Jaringan otot berwarna merah atau jaringan lemak berwarna kuning tampak di dalam luka gores. Luka gores tetap terbuka saat sisi-sisinya dilepas. Luka gores terletak di dekat sendi atau area di mana luka gores tidak akan dapat tertutup tanpa jahitan. Pendarahan parah dan tidak dapat dihentikan setelah 10 menit ditekan.

Luka gores yang mengakibatkan pendarahan dari pembuluh arteri, yang biasanya berwarna merah terang, banyak, dan bertekanan besar sehingga mengalir deras. Tangan harus selalu dicuci dengan sabun dan air sebelum merawat luka, sebagai upaya cara agar luka cepat kering. Itu akan membantu mengurangi peluang infeksi.

Jika luka gores terjadi di tangan, jangan sampai sabun menyentuh luka gores, karena dapat mengiritasi luka gores, Hentikan pendarahan. Pastikan pendarahan dihentikan agar jumlah darah yang hilang tidak bertambah dan proses penyembuhan dapat dimulai.

Letakkan sepotong bola kapas bersih pada luka gores, dan tekan dengan tegas dan stabil. Tekan dengan stabil selama 10 menit, tanpa mengangkat bola kapas. Namun, jangan menekan terlalu kuat, karena dapat menyumbat sirkulasi darah dan menghambat proses penggumpalan darah.

Jika darah merembes membasahi bola kapas, letakkan bola kapas baru di atas yang pertama; jangan lepaskan bola kapas pertama.

Jika darah membasahi bola kapas dengan cepat, dan penekanan tampaknya tidak menghentikan pendarahan, segera kunjungi dokter. Jangan pernah memasang tourniquet sendiri karena dapat menyebabkan kerusakan serius, bahkan berisiko diamputasi, kamu bisa kases laman https://www.guesehat.com/untukberbagai informasi mengenai cara penanganan pada luka gores agar terhindar dari infeksi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*