Perbedaan Obat Kimia Dengan Obat Herbal

obat herbal

alternatifmu.com – Perbedaan Obat Kimia Dengan Obat Herbal.

Sebelum membahas tentang perbadaan antara obat kimia dengan obat herbal kita terlebih dahulu akan membahas definisi dari keduanya.

Obat menurut wikipedia merupakan benda atau zat yang dapat digunakan untuk merawat penyakit membebaskan gejala atau mengubah proses kimia.

Obat ialah suatu bahan atau perpaduan dari bahan bahan yang dapat digunakan untuk menetapkan dianosis, mencegah, mengurangkan, menghilangkan menyembuhkan penyakit atau gejala penyakit baik luka maupun kelainan jasadiyah rohaniah manusia maupun hewan.

Obat kimia adalah obat yang bahan dasar pembuatanya adalah dari bahan bahan kimiawi sedangkan

Obat herbal adalah obat yang bahan dasar pembuatanya berasal dari bahan bahan alami yang tersedia di alam seperti tumbuhan dll.

Baca Juga : Mengapa Daun Berwarna Hijau

Berikut adalah Perbedaan Antara Obat Kimia Dengan Obat Herbal :

  • Obat Kimia

  1. Obat kimia memiliki efek samping efek samping tersebut dapat terjadi langsung maupun tidak langsung atau terakumulasi, hal ini dikarenakan obat kimia bersifat anorganik sementara tubuh bersifat organik maka dari itu obat organik bukanlah obat yang benar benar cocok untuk dikonsumsi tubuh, obat kimia dapat diberikan secara terbatas sesuai dengan dosis toleransi tubuh.
  2. Bersifat Sympthomatis artinya hanya mengurangi penderitanya saja karena sasaran produksinya memang untuk mengurangi gejala gejalanya saja.
  3. Lebih diutamakan untuk penyakit penyakit yang sifatnya akut (butuh pertolongan segera) Bersifat spekulatif jika diagnosa dan obat yang diberikan sesuai maka akan sembuh.
  4. Reaksi cepat namun bersifat destruktif artinya obat kimia melemahkan anggota tubuh yang lain terutama jika dikonsumsi janka panjang.
  5. Harga relatif mahal karena membutuhkan penelitian untuk dapat menemukan komposisi yang pas dalam produksinya serta membutuhkan peralatan yang canggih dalam proses produksinya, untuk obat kimiawi di indonesia sendiri bahan di inport dari luar negri untuk bahan bahan tertentu.
  • Obat Herbal 

  1. Obat herbal bersifat holistic (menyeluruh) artinya obat herbal bukan hanya berkhasiat untuk menyembuhkan gejala penyakit namun menghilangkan sampai pada akar akarnya, penggunaan obat herbal juga dapat meningkatkan system imun atau kekebalan pada tubuh.
  2. Obat herbal tidak memiliki efek samping apapun, hal ini dikarenakan obat herbal berasal dari bahan bahan alami yang bersifat organik.
  3. Khasiat dari satu jenis bahan tidak hanya berkhasiat pada satu macam jenis penyakit saja namun multi khasiat (memiliki banyak khasiat).
  4. Bersifat rekonstruktif artinya berfungsi untuk memperbaiki organ organ dan jaringan sel yang rusak
  5. Mengobati pada sumber penyebab penyakit (Kuratif)
  6. Aplikasinya sederhana bantuan dokter dapat dilakukan untuk diagnosa jika sudah diketahui  penyakitnya langkah selanjutnya berikan herbal yang tepat dan dapat dilakukan sendiri dirumah.
  7. Lebih diutamakan untuk mencegah penyakit, pemulihan penyakit, komplikasi penyakit serta penyakit yang membutuhkan pengobatan dalam jangka waktu yan panjang.
  8. Reaksi lambat, bisa dikonsumsi sembarangan tanpa dosis, namun efeknya terhadap tubuh sangat baik tanpa efek negatif apapun.

Demikian artikel tentang “Perbedaan Obat Kimia Dengan Obat Herbal” semoga anda terbantu dengan artikel ini, Jika artikel ini bermanfaat silahkan like dan share artikel ini agar lebih bermanfaat lagi untuk orang banyak.

Semoga sehat selalu

Terimakasih

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*