Perbedaan Audio Mono dan stereo

audio mono dan stereo

alternatifmu.com – Perbedaan Audio Mono dan stereo.

Perbedaan audio mono dan stereo, Perkembangan zaman yang begitu pesat dan cepat berdampak pula terhadap perkembangan tehnologi informasi, hal ini tercermin dari bermunculannya produk tehnologi yang selalu berubah mengalami pembaruan dalam setiap periodenya. Dalam keseharian kita tentu saja kita sering dan bahkan hafal dengan istilah mono dan stereo.

audio mono dan stereo merupakan 2 istilah yang digunakan untuk menggambarkan jenis-jenis audio, jika dahulu kita mengenal perangkat elektronik seperti radio dan tape kaset recorder maka dengan berkembangnya tehnologi hadir pula VCD DVD. bahkan saat ini tehnologi MP3 pada software elektronik sangat mudah dijumpai dan menjadi syarat wajib lengkapnya fasilitas perangkat modern dewasa ini.

Baca Juga : Mengapa Daun Berwarna Hijau 

Namun apa sih sebenarnya perbedaan dari suara mono dan stereo? Berikut perbedaan antara audio mono dan stereo :

  • Sistem audio mono

adalah sistem audio yang terdiri dari satu saluran atau kanal dengan sistem sinyal suara akan masuk melalui pengeras suara.

pengeras suara dapat berupa amplifier yang kemudian diumpankan kepada speaker.

  • Sistem audio stereo

adalah sistem audio yang terdiri dari dua saluran atau kanal yakni L dan R seumber suara akan hadir melalui amplifier kemudian diumpankan kepada speaker kiri dan kanan.

Jika pada audio mono suara akan terdengar seperti ketika kita mendengarkan suara dari perangkat radio atau suara dari speaker telepon.

maka pada audio stereo anda akan mendengarkan hasil suara yang lebih baik yang seperti bersumber dari berbagai arah.

sistem audio stereo merupakan pembaruan dari sistem audio mono dengan tujuan untuk kualitas audio yang seolah-olah seperti suara aslinya.

Hasil akhir dari sebuah power amplifier sangat bergantung kepada signal inputnya, jika signal audionya stereo maka hasil audionya pun akan stereo, namun jika signal inputnya mono maka hasil audionya pun akan tetap mono.

Demikian artikel tentang Perbedaan Audio Mono dan stereo, semoga bermanfaat, jika artikel ini membantu anda silahkan like & share artikel ini.

Terimakasih

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*