Pengertian wifi dan fungsi wifi (apa itu wifi?)

apa itu wifi & cara menghidupkan wifi

alternatifmu.com –¬†Apa itu wifi ?

Apa itu wifi, Saya rasa kata wifi merupakan sesuatu yang sangat familiar ditelinga kita namun tahu tidak sih definisi sebenarnya dari wifi ini?

kebanyakan dari kita memahami wifi sebagai media sharing data internet yang dapat digunakan oleh banyak orang beramai-ramai dari satu saluran.

Wifi merupakan singkatan dari wireless fidelity yang berfungsi sebagai media penghantar data tanpa kabel yang dapat digunakan untuk komunikasi serta transfer program dengan tempo yang sangat cepat, kecepatan tersebut diperoleh melalui signal radio yang bekerja pada frekuensi tertentu.

Menurut sumber yang valid pula wikipedia wifi adalah sebuah tehnologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel.

Baca Juga : Perbedaan Obat Paten Dan Obat Generik

wifi juga difungsikan sebagai jaringan nirkabel (tanpa kabel) pada perusahaan besar maupun warnet, jaringan nirkabel tersebut biasa disebut sebagai LAN.

LAN (local area network) istilah yang dapat menggambarkan fungsinya sebagai jaringan yang terletak pada suatu lokasi yang saling berhubungan.

dengan adanya LAN menjadikan hubungan dari satu komputer dengan komputer lain saling terkoneksi dalam satu lokasi.

kelemahan wifi terdapat pada titik aksesnya, wifi memiliki jangkauan akses kisaran 20 meter atau 65 kaki jika pusat saluran berada di dalam ruangan. namun jika posisi pusat saluran berada diluar ruangan jangkauan aksesnya lebih luas lagi.

wifi dapat menjangkau wilayah seluas kamar dengan dinding yang menutup rapat gelombang radio atau beberapa mil persegi.

hal tersebut dapat terjadi karena wifi menggunakan beberapa titik akses yang saling tumpang tindih.

Kelebihan wifi adalah karena sifatnya yan portabel sehingga menghasilkan kesan praktis karena tidak membutuhkan perangkat kabel sebagai penghubungnya.

selain itu akses transfer data juga dapat dilakukan dengan sangat cepat, dengan catatan perangkat kita masih berada pada jangkauan signal wifinya.

Demikian artikel tentang definisi wifi semoga artikel ini memberikan ilmu tambahan kepada anda dan membantu anda.

Jika artikel ini bermanfaat silahkan like komen dan share artikel ini agar lebih bermanfaat lagi untuk orang-orang disekeliling anda.

Terimakasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*