Pengertian Dan Fungsi Microsoft Excel

pengertian dan fungsi microsoft excel

Pengertian Dan Fungsi Microsoft Excel

Pengertian dan fungsi microsoft excel, apa itu microsoft excel? microsoft excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh microsoft corporation.

Aplikasi ini dapat dijalankan pada operating system microsoft windows dan mac os, microsoft excel memiliki fungsi sebagai pengolah data berupa perhitungan atau grafik management data.

Microsot excel juga digunakan dalam berbagai keperluan administrasi dari tingkat yang sederhana sampai tingkat yang rumit,

Pada awal dibuatnya microsoft excel merupakan aplikasi yang berdiri sendiri dan bukan bagian dari microsoft office. Namun saat ini microsoft excel merupakan satu paket dengan microsoft office yang terdiri dari beberapa perangkat lunak kebutuhan perkantoran. Baca selengkapnya DISINI.

Saat artikel ini ditulis dan dipulikasikan microsoft excel sudah mengalami beberapa kali pembaruan dan pembaruan terakhir dari microsoft excel adalah versi 2016 dan sudah penulis gunakan.

Untuk mengoperasikan microsoft excel dapat dibilang gampang gampang susah jika sudah tahu rumus dan logika dalam perhitungan excel maka akan dengan mengoperasikan aplikasi ini. Sebaliknya jika belum faham maka tidak akan dapat mengoperasikan aplikasi ini secara maksimal.

Komponen Microsoft Excel

Di dalam microsoft excel terdapat beberapa komponen atau bagian yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaaan anda berikut diantaranya :

  1. Row Heading => Petunjuk lokasi baris dalam sebuah lembar kerja (worksheet) microsoft excel.
  2. Column Heading => Petunjuk lokasi kolom dalam lembar kerja microsoft excel.
  3. Cell Pointer => Petunjuk cell yang aktif.
  4. Formula Bar => Tempat dimana rumus diketikan dan digunakan dalam sebuah lembar kerja.

Baca Juga : Cara Merapikan Folder File Explorer

Fungsi Dan Kegunaan Microsoft Excel

Microsoft excel memiliki kegunaan dan fungsi yang sangat banyak sekali dalam kehidupan sehari hari diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Membuat laporan keuangan.
  2. Membuat daftar hadir.
  3. Membuat daftar nilai.
  4. Menghitung kurs mata uang.
  5. Membuat operasi, kali, rataan dengan cepat dan tepat.
  6. Membuat grafik dan tabel perhitungan.
  7. Membuat diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran.
  8. Menyajikan data secara tepat dan akurat serta rapi.
  9. Membantu membuat presentasi jadi lebih mudah dan praktis.
  10. Membantu menyelesaikan soal soal logika dan metematika.

Mengoperasikan microsoft excel tidak sesulit yang dibayangkan, asal sudah memiliki dasar pengetahuan logika dan matematika dan kemauan untuk belajar mendalami excel maka aplikasi ini akan membantu pekerjaan anda yang terlihat berat akan terasa mudah.

Demikian artikel tentang “Pengertian dan fungsi Microsoft Excel” mudah mudahan artikel ini dapat membantu anda. Jika artikel ini bermanfaat dan membantu anda jangan lupa like komen dan share artikel ini ya.

Terimakasih.

 

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*