Mengapa daun berwarna hijau Ini Teorinya

daun berwarna hijau

alternatifmu.comMengapa daun berwarna hijau

Inilah mengapa daun berwarna hijau – Lazimnya warna daun adalah berwarna hijau, Namun tak sedikit pula terlontar pertanyaan penyebab mengapa daun berwarna hijau, pertanyaan tersebut dapat dijelaskan secara ilmiah atau biologis. Tetapi ada juga beberapa daun yang tidak berwarna hijau, misalnya merah atau kuning. Daun pada umumnya mempunyai klorifil yang didominasi pigmen berwarna hijau di dalam serat-serat tanaman. Fungsi pigmen hijau daun dalam istilah biologi yang disebut sebagai klorofil ini berfungsi untuk melakukan penyerapan sinar matahari guna berjalannya proses fotosintesis (suatu proses sintesa sari makanan dengan bantuan cahaya matahari).

Pigmen-pigmen hijau tersebut berada dan dibuat di dalam suatu bagian sel plastida, yang disebut kloroplas. Pigmen hijau itu menutupi pigmen-pigmen warna lainnya seperti merah-orannye (beta-carotene) dan juga kuning (xanthophylls).

Baca Juga : Perbedaan Obat Paten Dan Obat Generik 

Daun   terlihat berwarna hijau karena daun banyak mengandung figmen klorofil. Cahaya matahari (cahaya tampak) jika diuraikan sebenarnya terdiri dari berbagai cahaya dengan panjang gelombang berbeda yang dengan bantuan prisma kita bisa mendeteksinya sebagai cahaya merah, jingga, kuning, hijau, biru,nila dan ungu (MeJiKuHiBiNiU). Klorofil menyerap cahaya merah dan biru-ungu yang berguna dalam reaksi terang fotosintesis, sedangkan cahaya kuning, hijau dipantulkan. Itulah kenapa daun tampak berwarna hijau.

Lalu bagaimana dengan warna daun yang lain?

Mengapa daun berwarna hijau dapat berubah warna atau memang berwarna lain seperti merah atau kuning? Selain klorofil, beberapa jenis daun memiliki pigmen-pigmen lainnya seperti karoten (carotene) dan antosianin (anthocyanin). Karoten menyerap cahaya biru dan biru-kehijauan, menyisakan warna merah serta kuning. Sedangkan antosianin menyerap sangat banyak cahaya berwarna biru, biru-kehijauan, serta hijau, dan memantulkan cahaya merah.

Demikian artikel sains tentang “Mengapa Daun Berwarna Hijau” Semoga artikel ini membantu dan menginspirasi anda serta memberi tambahan ilmu untuk anda.

Jika artikel ini bermanfaat untuk anda silahkan like komen dan share artikel ini agar memberi manfaat untuk banyak orang disekitar anda.

Terimakasih

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*