Manfaat Bekam Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

manfaat bekam

alternatifmu.com – Manfaat Bekam Bagi Kesehatan Tubuh Manusia.

Manfaat bekam, Dalam sebuah sumber yang valid disebutkan bahwa bekam yang dalam bahasa arab disebut sebagai al hijamah. 

Bekam atau al hijamah merupakan metode pengobatan dengan cara mengeluarkan darah kental yang mengandung toksin dari dalam tubuh manusia.

Berbekam dilakukan dengan cara pemvacuman di kulit terlebih dahulu kemudian mengeluarkan darah darinya, pengertian ini mencakup 2 mekanisme mekanisme pokok dari bekam yakni pemvacuman kulit dan mengeluarkan darah darinya.

Pengeluaran darah dalam tubuh dengan terapi bekam ini dilakukan dengan cara penyatan terhadap kulit yang sebelumnya sudah dilakukan pemvacuman.

Dalam sejarahnya sendiri metode pemvacuman terhadap terapi bekam selalu mengalami kemajuan dari zaman ke zaman.

Jika pada zaman awal ditemukannya terapi bekam metode pemvacuman dilakukan dengan menggunakan media tanduk binatang kemudian berkembang dengan menggunakan gelas kaca yang didalamnya diletakkan koin logam serta kapas yang dibakar sebagai media vacumnya dan kini metode terbaru adalah dengan menggunakan vacum praktis yang sangat mudah digunakan.

Proses mengeluarkan darah dari kulit dilakukan dengan cara sayatan atau tusukan terhadap kulit yang sudah dilakukan vakum sebelumnya.

Mendengar kata mengeluarkan darah dan penyayatan pada kulit bagi kebanyakan orang akan langsung beranggapan bahwa terapi bekam ini menyakitkan.

Tapi tenang proses mengeluarkan darah dengan penyayatan dan tusukan ini tidak sesakit yang dibayangkan, karena rasa sakitnya bisa dikatakan zero.

Baca Juga : Perbedaan Obat Kimia Dengan Obat Herbal

Terapi bekam ini merupakan metode pengobatan yang dianjurkan oleh Rasulullah Muhaammad Saw.

Hal ini sesuai dengan sabda nabi saw “sesungguhnya metode pengobatan yang paling ideal bagi kalian adalah hijamah (bekam) dan fashdu (venesection). HR.  Bukhori Muslim

Secara umum manfaat bekam bagi kesehatan tubuh manusia dapat dibagi menjadi 5 katogori sebagai berikut :

  • Regenerasi sel darah

pada proses bekam ada darah yang dikeluarkan darah yang keluar tersebut merupakan toksin yang tidak baik untuk tubuh dengan keluarnya toksin tersebut dapat berakibat pada peningkatan produktivitas sel darah merah dan sel darah putih dalam tubuh manusia.

  • Bagian Kulit

Terapi bekam ini berfungsi sebagai stimulasi peredaran aliran darah yang terjadi dibawah kulit sehingga nutrisi yang diberikan kepada kulit dan rambut meningkat hal ini dapat mencegah penyakit kulit dan kerontokan rambut yang mungkin terjadi.

  • Bagian Tulang

Terapi bekam bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi penyakit yang terjadi pada tulang terutama pada bagian persendian hal ini dikarenakan proses bekam dapat menyedot keluar zat zat yang kurang baik untuk tulang.

  • Sistem Pencernaan

Terapi bekam bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan hal ini terjadi karena saraf vagus yang berkaitan langsung dengan usus melakukan stimulasi.

  • Bagian Otot

Terapi bekam dapat memperlancar peredaran darah dan menghilangkan kekejangan otot serta menghilangkan kelelahan hal ini dikarenan stimulasi yang dilakukan darah terhadap otot.

Bekam merupakan metode pengobatan alternatif, namun justru pengobatan alternatif lah yang saat ini menjadi solusi terbaik dari berbagai macam penyakit.

Demikian artikel tentang “Manfaat Bekam Bagi Kesehatan Tubuh Manusia” semoga artikel ini dapat membantu anda dan menjadi alternatif solusi masalah anda. jika artikel ini bermanfaat silahkan like dan share artikel ini agar lebih bermanfaat untuk orang banyak.

Terimakasih

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*