Macam-Macam Jenis Jerawat Pada wajah

jenis jerawat

alternatifmu.com – Macam-Macam Jenis Jerawat Pada wajah

Jenis jerawat, jerawat merupakan penyakit kulit terbesar didunia, penyakit ini tidak pandang bulu entah anda pria atau wanita.

Dalam satu sumber yang valid disebutkan bahwa jerawat adalah suatu keadaan dimana pori-porikulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang.

Baca Juga : Manfaat Minum Kopi

Hal ini juga didukung oleh peneliti dalam bidang jerawat yang menegaskan bahwa tidak seorang dewasa pun yang melalui hidupnya tanpa dihinggapi jerawat. karena itu jerawat menjadi musuh bagi semua orang. jerawat sendiri juga terdiri dari bermacam-macam jenis sehingga perlakuannya dalam proses penyembuhannya juga berbeda-beda.

Dianjurkan sebelum anda melakukan pengobatan terhadap jerawat yang tumbuh pada kulit wajah.

Anda perlu untuk mengetahui terlebih dahulu secara umum jenis jerawat mana yang tumbuh pada kulit wajah anda.

Hal ini menjadi penting karena pengobatan terhadap jerawat yang telah diketahui jenisnya akan lebih mudah sehingga proses penyembuhannya lebih efisien.

Secara umum ada 3 jenis jerawat yang sering hinggap pada kulit wajah kita berikut rinciannya :

  • Komedo

Komedo merupakan jenis jerawat yang banyak sekali penderitanya, komedo sendiri terbagi menjadi dua kategori yaitu komedo terbuka dan komedo tertutup.

Komedo terbuka => Komedo terbuka timbul karena penyumbatan pori-pori yang teroksidasi udara, komedo terbuka bentuknya lebih besar dari komedo tertutup dan berwarna hitam.

Komedo tertutup => komedo tertutup merupakan tonjolan yang timbul akibat tersumbatnya pori-pori, komedo ini dapat terjadi karena banyaknya penyumbatan pori-pori yang terjadi akibat banyaknya kotoran dibawah kulit, bisa juga diakibatkan karena pemakaian kosmetik. umumnya komedo ini berwarna putih.

Komedo dapat dicegah dengan cara memperbanyak mencuci muka dengan menggunaka sabun pembersih wajah dan mengurangi penggunaan make up.

  • Jerawat biasa 

Jerawat ini umumnya terjadi pada semua orang, jerawat ini timbul akibat volume minyak yang berlebih pada kulit wajah, banyak pikiran yang menjadikan ketegangan dan stress, jerawat macam ini sangat mudah dikenali dengan bentuknya yang seperti bintik-bintik kecil yang kemudian berwarna merah muda kemudian dalam prosesnya akan menjadi merah tua dan menonjol.

cara paling ampuh untuk mencegah jerawat ini terjadi adalah dengan cara mencuci wajah secara berkala dan mengurangi tingkat sress anda.

  • Jerawat Batu

Jerawat jenis ini terjadi akibat pecahnya kelenjar minyak pada wajah sehingga membanjiri pori-pori wajah dengan minyak yang berlebih, jerawat jenis ini sangat menganggu penderitanya, hal ini dikarenakan jerawat jenis menimbulkan rasa sakit pada area yang ditumbuhi jerawat dan dapat menimbulkan bekas atau bopeng.

Jerawat jenis ini juga membutuhkan waktu yang relatif lama dalam proses penyembuhannya, bentuk dari jerawat jenis ini seperti benjolan besar pada wajah dan berwarna kemerahan yang menimbulkan rasa nyeri dan sakit saat disentuh.

Demikian artikel tentang macam-macam jenis jerawat pada wajah. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk mengenali jenis jerawat yang tumbuh pada kulit wajah anda.

Terimakasih.

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*