Macam Bentuk Obat dan Tujuan Penggunaannya

macam macam bentuk obat

Obat yang biasa Anda konsumsi untuk mengatasi berbagai macam penyakit memiliki berbagai macam bentuk. Bentuk obat tersebut ternyata memiliki tujuan serta karakteristik tersendiri. Bentuk-bentuk dari obat tersebut diformulasikan agar tercapai efek terapi yang diinginkan karena ada zat yang tidak stabil dalam bentuk tablet namun akan stabil dalam bentuk kapsul.

Bentuk Obat dan Tujuan Penggunaannya

  • Obat semprot/spray

Obat semprot merupakan obat yang biasanya diperuntukkan untuk pengobatan pada bagian hidung. Obat ini biasa disebut juga dengan nasal spray. Penggunaan obat semprot adalah dengan cara menyemprotkan obat cair pada bagian dalam hidung. Salah satu contoh obat nasal spray adalah Corticosteroid Nasal Spray goapotik.

  • Suspensi

Obat jenis suspensi merupakan obat berbentuk cair yang mengandung partikel padat yang tidak akan larut dalam fase cair. Obat suspensi dibagi menjadi tiga yaitu obat suspensi oral (contohnya susu), obat suspensi topikal yang biasa digunakan untuk kulit, obat suspensi tetes untuk telinga bagian luar, serta suspensi sirup kering.

  • Salep

Salep adalah obat yang memliki bentuk setengah padat. Salep ini bertujuan untuk pemakaian pada topikal atau kulit atau selaput lendir. Obat jenis salep diperuntukkan untuk pemakaian obat luar dengan  cara dioleskan.

  • Suppositoria

Obat ini berbentuk padat dalam berbagai bobot dan bentuk dan diberikan melalui vagina, utera, atau rektal. Saat diberikan pada bagian-bagian tubuh tersebut, obat ini akan meleleh, lunak, atau larut pada suhu tubuh. Obat ini berfungsi untuk mengobati gatal atau iritasi karena hemoroid atau juga bisa digunakan untuk asma dan anti muntah.

  • Guttae

Obat dalam bentuk guttae merupakan obat yang berupa larutan, emulsi, suspensi, atau serbuk yang penggunaannya harus dilarutkan terlebih dahulu. Guttae ini kemudian disuntikan ke dalam kulit atau melalui selaput lendir. Obat jenis ini diperuntukkan untuk pasien yang tidak dapat menerima pengobatan melalui mulut. Selain itu, guttae dapat bekerja dengan cepat.

  • Tablet

Tablet merupakan jenis obat yang berbentuk padat serta kompak. Tablet ini dibagi lagi menjadi berbagai jenis lainnya. Ada tablet kunyah, ada juga tablet yang harus ditelan. Contoh obat jenis tablet adalah vometa tablet untuk perut kembung.

Bentuk serta tujuan dari obat-obatan perlu Anda ketahui untuk menghindari kesalahan dalam pembelian obat atau penggunaannya. Karena suatu bentuk obat tertentu akan memiliki tujuan pengobatan yang tertentu pula.