Kenali Jenis Luka Bakar Serius dan Tindakan yang Harus Segera dilakukan

jenis luka bakar serius

Luka bakar adalah salah satu jenis luka yang hampir semua orang pernah mengalaminya. Jenis luka bakar serius memiliki 4 kategori, yaitu luka bakar derajat satu, luka bakar derajat dua, luka bakar derajat tiga dan luka bakar suhu rendah. Untuk menangani luka bakar, maka harus dilakukan dengan cara yang tepat.

Dengan demikian, jangan merawat luka dengan sembarang jika Anda tidak ingin mengalami infeksi yang akan justru memperparah luka Anda. Terlebih lagi cara membalut luka serius bukan menjadi langkah yang mudah dilakukan, khususnya bagi Anda yang belum mengetahui langkah-langkahnya.

Baca Juga : Trik Mengkonsumsi Air Al-Kali

Sebelum merawat luka, Anda harus mengetahui 4 jenis luka bakar terlebih dahulu, di antaranya yaitu :

Luka bakar tingkat satu

Jenis luka bakar derajat 1 adalah jenis luka bakar serius namun lebih ringan. Luka bakar ini bisa diakibatkan karena kerusakan yang terjadi pada bagian permukaan kulit. Jika Anda tidak mengetahui cara merawatnya, maka Anda dapat dapat menggunakan bantuan jasa medis.

Luka bakar tingkat dua

Luka bakar derajat kedua yaitu masuk sebagai luka bakar yang lebih serius dari luka bakar derajat satu. Ciri-ciri dari luka bakar derajat dua ini yaitu bagian kulit akan terlihat pecah-pecah bahkan menggelembung, diikuti dengan rasa sakit yang dapat menimbulkan sakit yang lebih kuat dari luka bakar derajat pertama.

Luka bakar tingkat tiga

Luka bakar derajat tiga masuk dalam kategori luka yang berat. Cara membalut luka serius dibutuhkan pengetahuan, karena memang cara membalut luka tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Untuk mengatasi luka ini, Anda membutuhkan tenaga medis.

Luka suhu rendah

Jenis luka bakar serius yang ke 4 yaitu luka bakar suhu rendah. Hal ini terjadi dikarenakan kulit terpapar oleh suhu yang sangatlah rendah, misalnya seperti es atau salju dalam waktu yang cukup lama. Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menghangatkan kulit menggunakan air dengan suhu 37 derajat.

Mengetahui jenis luka bakar serius akan lebih memudahkan Anda pada saat Anda melakukan perawatan luka. Selain itu cara ini juga akan menghindarkan luka dari tindakan perawatan yang salah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*