Fitur Tersembunyi Microsoft Word Wajib Tahu | Part II

fitur tersembunyi microsoft word

Fitur Tersembunyi Microsoft Word Wajib Tahu | Part II

Fitur tersembunyi micosoft word, yang wajib kamu ketahui, ada banyak sekali fitur tersembunyi microsoft word yang mungkin belum kamu ketahui.

Dalam kesempatan sebelumnya alternatifmu sudah membahas fitur fitur tersembunyi di microsoft word, artikel ini adalah bagian keduanya.

Kita tahu bahwa microsoft word merupakan aplikasi olah kata yang sangat familiar digunakan semua kalangan terlebih lagi di indonesia.

Secara garis besar berbagai macam profesi menggunakan aplikasi ini untuk menunjang produktifitas dalam kehidupan sehari hari.

Bahkan saking populernya aplikasi micosoft word ini sampai dibuatkan extensinya di browser kenamaan google yang juga sangat mudah untuk di pasang sekaligus digunakan walau tanpa harus menginstall aplikasinya kedalam PC kamu.

Aplikasi sangat mudah digunakan bahkan jika kamu seorang pelajar pemula sekalipun, karena itu tips dan trik ini akan dapat membantu kinerja kamu dan produktifitasmu.

Trik ini merupakan jalan pintas atau sortcut untuk pengoperasian secara cepat di microsoft word untuk mengoptimalkan pengetikan agar efektif dan efisien.

Oke kita akan langsung membahas beberapa trik untuk mengoptimalkan produktifitas kamu di microsoft word berikut diantaranya :

Hidden Calculator / Kalkulator Tersembunyi

Perlu diketahui bahwa microsoft word memiliki kalkulator tersembunyi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan matematika sederhana di microsoft word.

Sederhana berarti kalkulator ini hanya dapat digunakan untuk perhitungan sederhana tidak untuk digunakan pada matematika rumit seperti perhitungan sinus cosinus atau tangen.

Cara memunculkan kalkulator ini adalah dengan dengan mengakses Word Options >Quick Access Toolbar. Pilih All Commands kemudian pada tabel cari fungsi Calculate.

Kamu dapat menambahkan fungsi kalkulator tersebut ke Quick Access Toolbar dengan menekan tombol OK. Kamu dapat mengetikkan matematika sederhana di microsoft word kemudian blok bilangan tersebut dan tekan ikon calculate di Quick Access Toolbar.

Kemudian kamu dapat melihat hasilnya yang akan secara otomatis tampil dibagian sudut kiri bawah status bar microsoft word kamu.

Memindahkan Teks Tanpa Cut – Paste

Cara yang paling familiar digunakan untuk memindahkan teks adalah memblog sebuah teks kemudian menggunakan fungsi CTRL + X dilanjutkan dengan fungsi CTRL + V.

Namun ada cara lain untuk melakukannya. Pertama, kamu perlu memblok teks yang ingin dipindahkan, kemudian meletakkan kursor ke tempat mana saja kamu ingin memindahkan teks tersebut, dan menekan ENTER. Teks akan langsung berpindah ke lokasi yang baru.

Memasukkan Karakter Khusus

Kita dapat memasukkan simbol khusus dengan menahan tombol ALT, lalu mengetikkan kode simbol menggunakan tombol Numerik di bagian kanan. Memang sekilas ribet, tapi jika kamu sering menggunakannya, otomatis kamu akan hafal simbol-simbol ini.

Tombol numerik ini kamu bisa memperhatikan gambar utama artikel ini diatas ya. hehe

Oke itu adalah beberapa fiturtersembunyi microsoft word yang dapat kamu coba, biasanya membaca saja kurang efektif jadi silahkan sambil dipraktekkan.

Semoga berbagai fitur tersembunyi Microsoft Word ini dapat membantu kamu untuk lebih produktif lagi dalam memanfaatkan software andalan Microsoft ini.

Keep Sharing dan jangan lupa di share ke teman teman kalian ya.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*