Fitur Fitur Tersembunyi Di Microsoft Word Part I

fitur tersembunyi di microsoft word

Fitur Fitur Tersembunyi Di Microsoft Word Part I

Fitur fitur tersembunyi di microsoft word sangat banyak sekali, mungkin belum semua diantara kalian yang mengetahuinya.

Microsoft word merupakan bagian dari microsoft office yang sangat terkenal dan banyak sekali digunakan dalam kehidupan sehari hari.

Microsoft word merupakan aplikasi olah kata terbaik jika dibandingkan dengan aplikasi aplikasi yang serupa dengannya.

Terlebih lagi jika kalian adalah seorang pelajar atau mahasiswa microsoft word ini sangat penting untuk menunjang produktifitas kalian.

Baca Juga : Cara Merawat Wajah Secara Alami

Microsoft word dapat digunakan untuk mengetik berbagai materi yang kalian butuhkan apalagi jika anda adalah seorang penulis atau peneliti pasti akan sangat akrab dengan software ini.

Tahukah anda anda banyak sekali fitur tersembunyi di microsoft word? dalam kesempatan ini alternatifmu akan membahas beberapa diantaranya.

Menulis Dibagian Mana Saja Di Microsoft Word

Secara umum menulis di microsoft word pointer akan selalu berada dibagian kiri atas lembar kerja microsoft word kalian (kecuali jika kalian menggunakan tulisan arab).

Kalian bisa memulai menulis dibagian manapun menggunakan trik ini caranya hanya dengan melakukan double klick dilembar kerja microsoft word kalian dibagian manapun.

Melakukan Cut Dan Paste Dengan Cepat 

Saat melakukan cut and paste atau potong dan tempel biasanya dilakukan dengan cara memblok bagian yang diinginkan kemudian klik kanan.

Namun menggunakan trik ini kalian dapat melakukannya dengan lebih cepat caranya adalah dengan memblog segment yang kalian inginkan kemudian tekan CTRL+ F3.

Kemudian untuk meletakkannya atau paste kalian dapat memindahkah kursornya ke bagian yang kalian inginkan kemudian tekan tombol CTRL + SHIFT + F3.

Memilih Teks Dengan Cepat

Jika kalian ingin mengolah sebuah paragraph dengan cepat, maka kalian bisa memblok paragraph untuk memilih seluruh paragraf dengan melakukan triple-click alias klik tiga kali berturut-turut di paragraf yang kamu inginkan. Otomatis seluruh paragraph yang ditunjuk oleh pointer mouse akan diblok.

Kalian  juga bisa melakukan blok berbentuk persegi untuk mengubah warna teks atau melakukan operasi lain pada paragraf.

Cara melakukan hal tersebut adalah dengan menahan tombol ALT pada keyboard, lalu klik dan tahan mouse untuk melakukan blok pada bagian yang kalian inginkan.

Mengubah Case atau Penggunaan Huruf Besar Kecil

Saat sedang mengetik, seringkali kita dihadapkan dengan situasi di mana kita perlu mengubah penggunaan huruf besar kecil, mungkin untuk satu frasa, atau bahkan satu paragraf utuh.

Untuk melakukannya dengan cepat, kalian bisa memblok bagian yang ingin kalian ubah menggunakan huruf besar kecilnya, lalu menekan tombol SHIFT+F3.

Huruf huruf yang kalian blok tersebut akan berubah setiap kali kalian menekannya, mencakup: (1) Huruf besar di awal kalimat, (2) Huruf besar semua, (3) Huruf kecil semua.

Jadi kalian perlu menekan kombinasi tombol tersebut beberapa kali untuk memilih hasil yang kamu inginkan.

Berpindah dengan cepat ke bagian yang sedang kamu kerjakan

Saat baru membuka sebuah dokumen, umumnya kalian akan mendapatkan ‘tawaran’ dari MS Word, kurang lebih menanyakan apakah kalian ingin dibawa ke bagian terakhir yang sebelumnya kalian kerjakan sebelum dokumen ditutup.

Jika kotak dialog yang muncul di sisi kanan display Word tersebut terlewat, maka kalian bisa menggunakan shortcut SHIFT+F5 untuk berpindah ke bagian terakhir yang sebelumnya kalian kerjakan. Cara ini juga bisa dimanfaatkan dalam situasi ketika kalian sedang mengerjakan bagian tertentu. Lalu menekan tombol page up untuk memeriksa bagian lain.

kemudian kamu ingin kembali ke bagian sebelumnya yang tengah kamu kerjakan, kamu juga dapat menekan tombol SHIFT+F5.

Untuk menerapkan tips dan trik ini biasanya akan kurang bisa dipahami jika tanpa langsung dipraktekkan. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share keteman teman kalian.

Selamat Mencoba.

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*