Cara Menonaktifkan / Mematikan Centang Biru Di WhatsApp

centang biru di whatsapp

alternatifmu.com – Cara Menonaktifkan / Mematikan Centang Biru Di WhatsApp

Mematikan centang biru di whatsapp, Perkembangan tehnologi informasi yang luar biasa pesat menjadikan segala hal dapat dilakukan sesuai dengan keinginan kita.

Sebut saja perkembangan aplikasi mesengger seperti whatsapp yang selalu melakukan pembaruan dan inovasi untuk menjaga pelanggannya tetap setia menggunakan aplikasi ini. Whatsapp atau yang biasa disebut sebagai (wa) melakukan inovasi dalam bentuk perlindungan privasi pada pelanggannya.

Perlindungan privasi tersebut salah satunya adalah dengan memberikan fasilitas custom dari pengaturan default yang merupakan settingan bawaan whatsapp.

Dalam kesempatan kali ini alternatif mu akan berbagi tips dan trik tentang “Cara Menonaktifkan / Mematikan Centang Biru Di WhatsApp“.

Centang biru di whatsapp, Seperti halnya pada aplikasi bbm (blackberry mesengger) yang memberikan notifikasi “R” pada saat pesan yang dikirim sudah dibaca oleh penerima.

Notifikasi tersebut disebut sebagai “read received” senada dengan hal itu whatsapp juga melakukan hal serupa dengan ikon yang berbeda, jika bbm menggunakan lambang “R” berwarna hijau maka whatsapp menggunakan double centang berwarna biru.

Jika pesan whatsapp sudah menampilkan double centang berwarna biru maka artinya pesan yang dikirim oleh pengirim sudah dibaca oleh penerima.

Berikut penjelasan notifikasi whatsapp (wa) :

  1. Centang satu artinya pesan sudah sukses terkirim
  2. Centang dua artinya pesan sudah sampai atau masuk pada perangkat penerima
  3. Centang dua berwarna biru artinya pesan sudah dibaca oleh perangkat penerima pesan.

Baca Juga : Cara Menyembunyikan Last Seen Di WhatsApp

Namun dengan hadirnya notifikasi yang sudah sangat bagus ini (menurut penulis) ada sebagian orang yang merasa terganggu dengan notifikasi tersebut dengan alasan notifikasi tersebut menjadikan pengguna tidak dapat berkelit lagi dengan pesan yang sifatnya urgen atau segera untuk dibalas namun pengguna enggan untuk membalasnya.

Alasan “baru baca” pun tak lagi berfungsi karena pengirim pesan sudah tahu jika pesannya sudah dibaca.

Lalu bagaimana solusinya? bagaimana agar notifikasi double centang biru tidak muncul pada pengirim pesan?

Anda tidak perlu cemas karena saat ini whatsapp sudah dapat melakukan custom pengaturan privasi untuk menghindari peristiwa diatas.

Cara Menonaktifkan / Mematikan Centang Biru Di WhatsApp sebagai berikut : 

  1. Pastikan anda sudah menginstall whatsapp lakukan pembaharuan pada whatsapp anda.
  2. Buka aplikasi whatsapp anda kemudian cari ikon (titik tiga) kemudian pilih setelan atau setting.
  3. Kemudian pilih account (akun) klik privacy (privasi).
  4. Hilangkan centang pada opsi read received (laporan dibaca)
  5. Finish

Dengan begitu anda tidak perlu khawatir akan ketahuan jika sudah membaca pesan karena notifikasi yang muncul pada pengirim pesan hanya berupa double centang tanpa warna biru walaupun pesannya sudah anda baca, namun pengaturan ini memiliki kelemahan.

Kelemahan tersebut adalah jika anda mengirimkan pesan kepada kontak whatsapp anda anda akan menerima notifikasi yang sama “double centang tanpa warna biru” walaupun pesan anda sudah dibaca.

Demikian artikel tentang “Cara Menonaktifkan / Mematikan Centang Biru Di WhatsApp” semoga artikel ini dapat membantu anda.

Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk like dan share artikel ini agar lebih bermanfaat lagi untuk orang banyak.

Terimakasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*