Cara Menghilangkan Tahi Lalat Alami Cepat Dan Aman

menghilangkan tahi lalat

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Alami Cepat Dan Aman

Tahi lalat – Adanya tahi lalat di tubuh atau wajah kita tentu keberadaannya tak bisa dihindari. Keberadaan tahi lalat adalah hal yang wajar di mana hampir setiap orang memilikinya.

Menurut Dr. Devika dari Alodokter, tahi lalat adalah bintik berwarna coklat atau kehitaman pada kulit. Bintik ini terbentuk karena penumpukan pigmen melanosit dan umumnya tidak berbahaya.

Tahi lalat sering disebut beauty mark, pasalnya bintik gelap di kulit ini sering dianggap bisa menambah daya tarik wajah.

Tetapi tak jarang tahi lalat justru membuat seseorang tidak percaya diri dengan penampilannya. Lantas banyak yang ingin tahu cara menghilangkan tahi lalat untuk mengatasi problem kecantikan tersebut.

Baca Juga : Pesona Pantai Sanur Bali

Tahi lalat bisa terbentuk di mana saja, baik tunggal maupun berkelompok, biasanya muncul sebelum usia 20 tahun, dan kadang bisa juga muncul sejak bayi. Memiliki tahi lalat antara 10-40 buah saat dewasa adalah kondisi normal.

Tahi lalat sendiri umumnya bersifat jinak sehingga tidak membahayakan. Meski demikian, ada juga tahi lalat yang ternyata bersifat ganas, yaitu kanker kulit melanoma. Tahi lalat yang demikian harus diangkat.

Untuk tahi lalat yang tidak ganas, keputusan untuk menghilangkan tahi lalat tergantung kepada keinginan masing-masing orang. Jika pasien merasa terganggu atau cemas akibat tahi lalat yang dimiliki, maka upaya pengangkatan tahi lalat bisa dilakukan.

Beberapa Cara Yang Bisa Dilakukan

Untuk menghilangkan tahi lalat, waktu yang dibutuhkan relatif singkat dan tanpa perlu menjalani rawat inap. Beberapa cara menghilangkan tahi lalat berikut bisa dijadikan pilihan.

Membekukan dengan cairan nitrogen (cryosurgery)

Tahi lalat yang akan dihilangkan akan disemprot dengan nitrogen cair bersuhu sangat dingin. Selanjutnya, tahi lalat dan jaringan kulit tersebut akan dibuang.

Setelah dibuang kulit akan mengalami luka lepuh seukuran tahi lalat. Luka lepuh ini akan sembuh dengan sendirinya.

Tindakan bedah

Untuk tahi lalat dengan ukuran yang besar, digunakan metode bedah eksisi. Dokter akan membius area di sekitar tahi lalat, kemudian memotong tahi lalat beserta jaringan kulit di sekitarnya dengan memakai pisau bedah. Setelah itu, dokter akan menutup luka dengan jahitan.

Bedah listrik (kauterisasi)

Dilakukan dengan cara membakar lapisan kulit pada tahi lalat yang hendak dihilangkan. Biasanya dokter akan memberi obat bius di sekitar kulit yang akan dibakar, kemudian dokter akan mengalirkan listrik melalui alat logam yang ditempel pada tahi lalat untuk membakar jaringan kulit.

Bedah laser

Salah satu keuntungan bedah laser adalah tidak menimbulkan bekas luka pada kulit, sehingga secara estetika dapat memberikan hasil yang lebih baik.

Lalu adakah cara menghilangkan tahi lalat secara alami dan efektif? Rupanya ada banyak tips yang bisa dicoba. Berikut ini beberapa di antaranya.

Cara menghilangkan tahi lalat dengan lidah buaya

Lidah buaya dengan sifat mencerahkan dan mereparasi kulit yang dimilikinya juga diyakini bisa memudarkan tampilan tahi lalat. Bagaimana cara menghilangkan tahi lalat dengan bahan ini?

Cara menghilangkan tahi lalat dengan aloe vera atau lidah buaya adalah dengan mengoleskannya pada kulit, kemudian balut dengan perban bersih selama 3 jam.

Cara menghilangkan tahi lalat dengan madu

Madu dipercaya sebagai bahan alami terbaik untuk mencerahkan kulit dan mengatasi masalah kulit. Juga dipercaya dapat menghilangkan tahi lalat.

Aplikasikan madu organik murni pada tahi lalat. Setelah itu tutup dengan plester. Ulangi langkah ini setiap pagi dan malam selama 6 minggu sampai tahi lalat memudar.

Cara menghilangkan tahi lalat dengan bawang

Selain madu, bawang putih juga diyakini bisa mengeringkan tahi lalat dan memudarkannya. Cukup tempelkan cairan bawang putih segar pada tahi lalat setiap hari.

Demikian cara-cara menghilangkan tahi lalat yang bisa dipertimbangkan untuk dicoba. Sebelumnya kenali kondisi kulit Anda dan pastikan cara-cara yang disarankan di atas tidak akan berdampak negatif pada kulit.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*