6 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dan Efektif

menghilangkan jerawat

6 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dan Efektif

Cara menghilangkan jerawat secara alami – hamper semua orang pernah dihinggapi jerawat. Jerawat merupakan penyakit yang mempengaruhi kelenjar minyak pada kulit.

Kelenjar minyak tersebut terhubung dengan lubang kecil di kulit (pori-pori) di bagian bawah kulit. Kelenjar ini memproduksi zat berminyak yang disebut sebum.

Pori-pori terhubung ke kelenjar oleh kanal yang disebut folikel. Di dalam folikel, minyak membawa sel kulit mati ke permukaan kulit.

Jerawat memang bukanlah penyakit kulit yang membahayakan. Namun, jika ada jerawat di wajah tentu akan menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang.

Jerawat memang kadang bandel, ketika sudah ada yang hilang, kadang muncul lagi satu jerawat yang lain. Sudah saatnya kita mengetahui juga bagaimana cara menghilangkan jerawat.

Baca Juga : Macam-Macam Jerawat Pada Wajah

Menghilangkan jerawat tidak selalu berhubungan dengan produk berbahan kimia. Daripada menghabiskan banyak uang dan hasilnya belum pasti, mari kita coba cara menghilangkan jerawat secara alami, cepat dan ampuh.

Cara menghilangkan jerawat secara alami banyak sekali metode dan bahannya, salah satu yang paling efektif adalah dengan menggunakan masker.

Produk masker pun ada yang bisa dibuat secara alami ada pula buatan pabrik yang menjamin bisa menjadi cara menghilangkan jerawat secara alami dalam waktu 1 hari saja.

Namun, produk buatan sendiri bisa Anda coba di awal, karena lebih terjamin kehigienisannya dan tentu lebih ramah di kantong.

Berikut 6 cara mudah menghilangkan jerawat secara alami :

Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker jeruk Nipis

Jeruk nipis hampir memiliki efek dan khasiat yang sama dengan lemon. Caranya potong jeruk nipis jadi dua bagian, peras. Campurkan dengan 2 sdm madu. Oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker alpukat dan dan madu

Alpukat kaya akan vitamin E yang dapat menembus pori-pori kulit sehingga dapat meredakan peradangan kulit. Sedangkan madu mengandung hidrogen peroksida yang bersifat anti-bakteri.

Kombinasi kedua bahan ini juga mampu menjadi cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Ambil setengah bagian alpukat, tumbuk hingga halus, tambahkan 1 sdm madu. Aplikasikan pada wajah yang telah bersih. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker soda kue dan air

Soda kue atau biasa disebut dengan baking soda tidak hanya dipakai sebagai bahan kue saja, Anda bisa membuatnya untuk menghilangkan jerawat pada wajah Anda.

Menggunakan masker soda kue juga bisa menjadi cara menghilangkan jerawat batu secara alami dan cepat.

Soda kue memiliki manfaat dapat menjadi penyeimbang pH kulit untuk mencegah jerawat. Tidak hanya penyeimbang, soda kue juga dapat menjadi antiseptik dan anti-inflamasi untuk menyembuhkan jerawat membandel.

Caranya mudah sekali, cukup ikuti langkah berikut ini :

  1. Campurkan 2 sdm soda kue dengan air hingga mengental.
  2. Sebelum diaplikasikan pada wajah, Anda disarankan untuk mencuci wajah dahulu, agar wajah bersih.
  3. Aplikasikan soda kue ke wajah secara merata.
  4. Tunggu selama 15 menit lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat.

Setelah mengaplikasikan masker soda kue pada wajah, wajah Anda bisa menjadi cukup kering. Oleh karena itu Anda bisa memakai pelembap wajah sesudahnya.

Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker lemon

Lemon yang mengandung asam askorbat – L dapat mengurangi masalah peradangan pada kulit wajah berjerawat dan juga dapat membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat.

Lemon juga dapat membuat wajah Anda menjadi cerah dan menghilangkan noda bekas jerawat.

Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Ambil 1 buah lemon, porong menjadi dua bagian lalu peras.
  2. Oleskan pada wajah.
  3. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.
  4. Anda juga dapat menambahkan 1 sdm madu ke dalamnya.

Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker yogurt dan madu

Yogurt mengandung bakteri baik, asam laktat, dan asam alfa hidroksi yang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Campurkan 1 sdm madu dan 2 sdm yogurt, aduk hingga rata. Oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Masker pisang dan kunyit

Pisang kaya akan antioksidan, potasium, dan vitamin E. Kandungan tersebut membuat wajah menjadi lebih cerah dan lembap. Lektin yang juga ada pada pisang dapat melawan bakteri penyebab jerawat.

Sedangkan pada kunyit terkandung kurkuminoid yang berkhasiat obat bagi wajah yang meradang.

Cara membuatnya adalah dengan pertama haluskan 1 buah pisang, lalu tambahan setengah sdm bubuk kunyit dan setengah sdm soda kue, aduk hingga rata.

 Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Jangan lupa pakai pelembap usai memakai masker jika dirasa wajah kering.

Selamat Mencoba.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*