Cara Backup Artikel Blogspot Dengan Mudah

backup artikel

alternatifmu.com – Cara Backup Artikel Blogspot Dengan Mudah

Cara backup artikel blogspot, Mungkin anda bertanya tanya mengapa harus melakukan backup? bukankah artikel yang sudah diposting di internet atau diblog lebih aman dari kehilangan data seperti yang disimpan di hard memori?.

Pertanyaan diatas sah sah saja ada benar dan ada salahnya juga, mengapa demikian memposting artikel di blogspot yang di nahkodai oleh google sama halnya anda menyewa sebuah rumah dengan google sebagai pemilik rumah tersebut. Google memiliki kuasa penuh terhadap apapun yang anda sewa maksudnya adalah blogspot yang anda gunakan.

Baca Juga : Cara memberi alt tag pada gambar 

Ketika blog anda dianggap tidak memenuhi syarat yang ditentukan oleh google maka pihak google memiliki hak prerogatif untuk menghapusnya.

Tepat, Semua konten yang telah anda posting bahkan nama dari blog yang anda gunakan akan dihapus secara permanen dan tidak dapat digunakan lagi anda pun tidak memiliki kuasa untuk melarang google untuk melakukan hal tersebut.

Nah, Oleh sebab itu sebaiknya anda melakukan backup artikel atau postingan blog untuk menghindari penghapusan seperti yang telah dijelaskan diatas.

Bagi anda yang masih pemula dan ingin melakukan backup semua konten blog nya silahkan disimak langkah langkah backup berikut ini :

  • Silahkan login ke akun blogger yang anda miliki.
  • Pada menu utama blog anda silahkan klik “setelan” kemudian pilih “lainnya”.
  • Setelah itu akan muncul jendela baru silahkan pilih “eksport blog”.
  • Kemudian akan muncul pop up atau jendela baru, kemudian pilih “unduh blog” dan ikuti prosesnya sampai selesai, lama proses tergantung koneksi dan banyaknya postingan, jika proses selesai klik tutup.
  • File yang dihasilkan akan berbentul .xml. simpan file tersebut dikomputer anda sebagai arsip atau bisa di pasang diblog lain.

Mengembalikan Hasil Backup Artikel Blog

Untuk mengembalikan hasil backup tersebut diatas caranya juga hampir sama yang membedakan adalah pilihan alat blog anda bisa memilih inport blog.

Pilih file yang akan di inport (hasil dari eksport blog) dalam format .xml. dari komputer anda kemudian silahkan klik inport blog. Tunggu sampai proses selesai dan blog anda akan kembali seperti semula.

Note : Usahakan untuk melakukan backup secara berkala bisa sebulan sekali atau dua bulan sekali 

Demikian artkel tentang “Cara Backup Artikel Blogspot Dengan Mudah” semoga artikel ini dapat membantu anda.

Jika artikel ini bermanfaat dan membantu anda silahkan like koment dan share artikel ini agar lebih bermanfaat lagi untuk orang banyak.

Terimakasih.

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*