Apa Itu Hosting

apa itu hosting

Definisi Apa Itu Hosting

Apa itu hosting, Sebelum membuat website mari kita membahas hal hal mendasar terlebih dahulu tentang apa itu hosting?

Istilah diatas tenyata masih sangat banyak  dipertanyakan oleh para netizen khususnya yang ingin memiliki dan membuat website.

Dalam kesempatan yang lalu kami juga sudah membahas tentang Apa Itu Domain hosting dan domain memiliki keterkaitan yang sangat erat antara yang satu dengan yang lain.

Definisi Hosting

Apa itu hosting? Hosting merupakan space hardisck didalam komputer server yang berfungsi untuk menyimpan database, email dan file website.

Pada pembahasan apa itu domain kami menganalogikan domain dan hosting ibarat bangunan dan tanah, website adalah bangunan sedangkan hosting adalah tanah dimana bagunan itu didirikan sementara alamat dari bangunan tersebut adalah domain.

Jika hosting adalah tanah dimana website dibangun maka semakin luas tanah yang dimiliki maka akan semakin leluasa pula untuk membangun.

Jika website diibaratkan sebagai bangunan maka kita bebas mendirikan bangunan sesuai dengan desain yang kita inginkan mau dibuat miring, memanjang dan lainya terserah kita.

Bedanya jika dalam sebuah bangunan kita dapat menempatkan perabotan seperti lemari, kulkas, tv dan lainnya maka berbeda dengan hosting website.

Didalam hosting website kita dapat menempatkan dan menyimpan file, gambarbahkan aplikasi didalamnya untuk memperindah website kita.

Lalu bagaimana cara menggunakan hosting ?

Cara menggunakan hosting caranya sangat mudah, tapi kita tidak dapat memilikinya secara permanen, Untuk dapat menggunakan hosting kita harus menyewa hosting terlebih dahulu.

Untuk mendapatkannya juga sangat mudah kita bisa mencarinya via internet, Tinggal kita browsing saja penyedia jasa sewa hosting diinternet.

Biasanya penyedia jasa sewa hosting menyediakan banyak sekali spesikasi hosting, berikut beberapa hal yang sangat penting sebelum menyewa hosting :

  1. Space/kapasitas hosting => adalah besarnya data yang dapat kita simpan didalam hosting ukuranya bervariasi dari Megabytes, Gigabytes dan Terabytes.
  2.  Bandwidth/besarnya kuota transfer data perbulan => variasi ukurannya sama dengan poin 1, bandwidth di reset ke nol setiap bulannya.
  3. Jumlah database => ini menentukan jumlah database yang dapat anda simpan dan buat didalam hosting.
  4. Jumlah addons domain => banyaknya domain lain yang dapat anda tambahkan didalam hosting anda.
  5. Jumlah akun email => banyaknya akun email yang dapat anda buat.

Sampai disini saya yakin anda sudah faham dan mengetahui gambaran secara umum dan terperinci tentang apa itu hosting.

Semoga artikel ini dapat membantu anda.

Terimakasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*