Apa Itu Adsense ? Bisnis Google Adsense

google adsense apa itu google adsense ?

Apa Itu Adsense ? Bisnis Google Adsense

Apa itu google adsense ? google adsense adalah sebuah program periklanan online yang disediakan oleh google kepada publisher atau pemilik situs website atau blog untuk mempromosikan produk dari advertiser atau pengiklan yang sudah terdaftar di google.

Adsense merupakan salah satu model bisnis berbasis internet yang sangat terkenal di dunia termasuk di indonesia, mungkin kalian akan bertanya lalu darimana datangnya adsense? untuk menjawab pertanyaan ini sebenarnya simpel saja.

Baca Juga : Upgrade Adsense Hosted Menjadi Non Hosted

Dalam dunia bisnis ada banyak cara untuk membuat sebuah produk tertentu menjadi populer dan mendapatkan banyak konsumen, salah satunya adalah dengan mengiklankan produk tersebut.

Selain media elektronik yang menjadi media beriklan ada media lain yang memiliki jumlah pengguna yang sangat besar media tersebut adalah internet.

Google sebagai perusahaan raksasa internet dengan jumlah pengguna terbesar di dunia berinisiatif untuk memberikan layanan khusus terhadap para pengiklan atau advertiser untuk mempromosikan produk atau perusahaan yang mereka miliki.

Dengan menggunakan program adsense ini google akan menggunakan segala cara untuk menyampaikan iklan para advertiser kepada konsumen dengan menggunakan bantuan tehnologi dan internet dengan tepat sesuai dengan kriteria dan kategori yang dipilih oleh pengiklan.

Bagaimana Cara Kerja Google Adsense ?

Di dalam program bisnis google adsense secara spesifik akan melibatkan 4 kompenen yang akan saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya. Kompnen tersebut ialah :

  1. Pengiklan atau Advertiser
  2. Penyedia layanan Iklan (Google)
  3. Publisher
  4. Konsumen

Cara kerja google adsense, publisher akan memasang iklan dari penyedia layanan iklan dalam hal ini adalah google untuk mempromosikan iklan dari pengiklan atau advertiser yang sudah terdaftar di google.

Publisher yang dapat memasang iklan adsense juga merupakan publisher yang sudah terdaftar dalam program adsense dan sudah di setujui oleh pihak google.

Publisher kemudian akan memasangkan iklan kedalam blog atau situs website yang mereka miliki, publisher akan dibayar oleh google berdasarkan iklan yang di klik oleh pengguna dihalaman blog atau situs website yang mereka pasangi iklan tersebut.

Perhitungan income publisher biasanya disesuaikan dengan biaya cost per clik (CPC) yang dipasang oleh pengiklan atau advertiser dan dapat dicairkan apabila sudah mencapa ambang batas minimum pencairan dana dan batas minimum pencairan dana yang di tetapkan oleh google adalah 100 US Dolar.

Jenis Jenis Iklan Google Adsense

Setidaknya ada 3 pihak yang diuntungkan dengan adanya bermacam macam variasi format iklan yang dapat dipilih dalam program adsense ini :

  1. Penyedia layanan Iklan (Google)
  2. Pengiklan
  3. Publisher

Kok Bisa ? Berikut alasannya :

  • Penyedia layanan iklan (Google)

Dengan diberlakukannya variasi bentuk iklan maka akan menaikan jumlah pengiklan atau advertiser ke dalam program adsense ini, kenaikan jumlah pengiklan artinya akan berbanding lurus dengan kenaikan penerimaan income untuk perusahaan penyedia iklannya dalam hal ini adalah google.

  • Pengiklan

Pengiklan juga menjadi salah satu pihak yang diuntungkan dengan bervariasinya iklan dalam program adsense ini, bagaimana tidak dengan ini pengiklan akan memiliki ranah iklan yang lebih luas di internet produknya tidak hanya akan tampil di blog atau situs website saja namun bisa juga tampil di video youtube atau bahkan di aplikasi yang terdaftar di playstore.

  • Publisher

Publisher yang kreatif tentunya akan menjadi pihak yang paling diuntungkan dalam hal ini, bagaimana tidak bayangkan saja jika seorang publisher tidak hanya bergelut dalam bidang bloging dan situs website saja namun juga berkecimpung aktif dalam program mitra google yang lain seperti youtube dan membuat aplikasi di playstore maka akan dapat diastikan incomenya dari program adsense ini akan menjadi lebih luas dan besar.

Bagaimana? Tertarik untuk menjadi publisher? atau mungkin advertiser?

Oke Sekian dulu pembahasan tentang apa itu adsense, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan pertanyaan dikolom komentar dan jika informasi ini menarik silahkan share informasi ini kepada teman teman kalian. Terimakasih.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*